PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI STEAM DENGAN COOKING CLASS
DOI:
https://doi.org/10.33061/jww.v17i2.8362Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak melalui Steam dengan Cooking Class di KB Aisyiyah Al-Amin Bibis Luhur Surakarta Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan STEAM dengan Cooking Class dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di KB Aisyiyah Al-Amin Bibis Luhur Surakarta. Hal ini dapat dibuktikan dengan pencapaian tingkat perkembangan kognitif anak yang berkembang sangat baik. Pada siklus I perkembangan kognitif anak mengalami peningkatan sebesar 50% berada pada kriteria berkembang sesuai harapan. Sedangkan dalam siklus II, perkembangan kognitif anak mengalami peningkatan sebesar 88,88% berada pada kriteria berkembang sesuai harapan. Penelitian ini dihentikan pada siklus II karena sudah memenuhi kriteria keberhasilan indikator yaitu ≥80%. Berdasarkan penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa kegiatan Steam dengan Cooking Class dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak pada KB Aisyiyah Al-Amin.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Wini Agustina, Feri Faila Sufa, M. Hery Yuli Setiawan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Widya Wacana: Jurnal Ilmiah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.