Meningkatkan Partisipasi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Model Inkuiri Nilai
DOI:
https://doi.org/10.33061/ww.v8i3.468Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan partisipasi mahasiswa dalam proses pembelajaran PKn melalui penerapan model inkuiri nilai. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester I dan II program studi PPKn FKIP UNISRI, yang berjumlah 27 orang. Data dalam penelitian ini diperoleh dari empat sumber data yaitu informan yang terdiri dari dosen, mahasiswa dan dosen mitra,peristiwa atau aktifitas, tempat data lokasi penelitian berlangsung dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalan observasi, wawancara mendalam, pencatatan dokumen, test dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kritis dan komparatif untuk data kuantitatif serta teknik analisis diskriptif kualitatif untuk data kualitatif. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa dengan penerapan model inkuiri nilai mampu meningkatkan keterampilan partisipasi mahasiswa dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan pada mahasiswa di program studi PPKn FKIP UNISRI
Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri Nilai, Partisitasi Mahasiswa