PEMANFAATAN APLIKASI GOOGLE SEBAGAI CARA MEWUJUDKAN KONSEP SEKOLAH BERBASIS TEKNOLOGI DAN INFORMASI DIGITAL
Abstrak
Perkembangan teknologi informasi dapat meningkatkan kinerja dan memungkinkan berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat, sehingga akhirnya akan meningkatkan produktivitas. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memperlihatkan bermunculannya berbagai jenis kegiatan yang berbasis pada teknologi seperti e-government, e-commerce, e-education. Perkembangan teknologi informasi dewasa ini tidak dapat dibendung dan harus cerdas dalam memanfaatkan daya yang berlimpah, di Indonesia salah satu perusahaan TIK yang sudah tidak asing adalah Google, diantara aplikasi-aplikasi yang telah disediakan Google terdapat aplikasi yang mampu memberikan manfaat bagi kegiatan belajar mengajar serta membantu tugas-tugas administrasi di lingkungan sekolah. Permasalahannya adalah tidak semua guru atau pegawai sekolah mengetahui dan memahami manfaat memiliki akun Google, masalah yang sama terjadi pada Taman An-Nahl yakni belumnya memahami dan mahir memanfaatkan aplikasi-aplikasi Google untuk kebutuhan kerja di lingkungan sekolah. Maka metode pelaksanaan menanggulangi permasalahan guru dan pegawai Taman An-Nahl yaitu dengan mengadakan penyuluhan dan pelatihan terkait pemanfaatan aplikasi Google untuk mewujudkan konsep sekolah berbasis teknologi dan informasi digital. Hasil yang dicapai dari penyuluhan dan pelatihan adalah para guru dan pegawai mengetahui serta memahami manfaat penggunaan aplikasi Google sebagai cara baru untuk meningkatkan produktifitas kerja, dari pelatihan guru dan pegawai mampu menerapkan aplikasi-aplikasi Google yang bermanfaat secara langsung sebagai penunjang kinerja para guru dan pegawai di Taman An-Nahl. Terbukti sebanyak lebih dari 90% para peserta pelatihan merasa puas dan bermanfaat atas pelatihan yang diselenggarakan.Kata-kata kunci: Aplikasi Google, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Sekolah, Guru dan Pegawai.
Referensi
Barlow, K., & Lane, J. (2007). Like Technology from an Advanced Alien Culture: Google Apps for Education at ASU. SIGUCCS, 1-3
Cusumano, M. (2010). Technology Strategy and Management Cloud Computing and SaaS as New Computing Platform. Communications of the ACM, 27-29
Google. (2012). Google Apps: Energy Efficiency in the Cloud. Google White Paper, 1-6
Indrajit, Richardus Eko (1998), "Evolusi Perkembangan Teknologi Informasi", Renaissance Research Centre.
Kemdikbud. (2019, Maret 11). Data Pokok: LPI An-Nahl. Retrieved Maret 11, 2018, from Situs Resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/sekolah/71F1CEF2277073066617
Natakusumah, E.K., (2002), "Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia.", Pusat Penelitian informatika – LIPI Bandung.
Railean, E. (2012). Google Apps for Education- a powerful solution for global scientific classrooms with learner centred environment. International Journal of Computer Science