PERLUASAN PASAR MELALUI PENINGKATAN KUALITAS PORTOFOLIO PRODUK PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA FROZEN FOOD

Penulis

  • Rini Handayani & Handayani Tri Wijayanti

Abstrak

Tujuan dilakukan kegiatan program kemitraan masyarakat (PKM) adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan IRT frozen food Vidi dan Yuna Green House yang terletak di Karanganyar dan Sukoharjo. Industri ini bergerak di pengolahan pangan frozen food. Kendala yang dihadapi IRT tersebut antara lain adalah kualitas produk yang kurang baik karena memiliki daya tahan simpan produk yang pendek sehingga rantai distribusipun juga menjadi pendek. Hal ini menyebabkan pangsa pasar produk menjadi terbatas hanya disekitar lokasi IRT. Adapun metode pelaksanaan kegiatan PKM adalah dengan pelatihan dan pendampingan. Dengan metode tersebut diharapkan mitra PKM dapat memperoleh pengetahuan dan mampu menyelesaikan kendala yang dihadapi. Pangsa pasar yang semakin luas dengan produk yang lebih berkualitas diharapkan dapat membantu IRT semakin tumbuh dan berkembang. Kegiatan melibatkan 6 orang dari tim pelaksana PKM STIE Atma Bhakti dan 8 orang dari kedua mitra. Bagi masyarakat luas khususnya pelanggan mitra PKM dengan adanya kegiatan ini akan memberi manfaat tersedianya produk yang aman dikonsumsi karena kualitas produk menjadi lebih baik dengan adanya kemasan yang kedap udara sehingga membatasi mikroorganisme untuk berkembang dan dapat merusak produk.
Kata Kunci : frozen food, kualitas produk, kualitas produk

Unduhan

Diterbitkan

2018-12-12