INDUKSI TEKNOLOGI E-MARKET PLACE PADA INDUSTRI KREATIF BLANGKON PETROJAYAN SERENGAN SURAKARTA

Authors

  • Eko Purwanto
  • Bangun Pradjadi Cipto Utomo
  • Pipin Widyaningsih

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan induksi teknologi e-Market Place yang terdiri dari promosi dan penjualan secara online pada pengrajin blangkon di Kampung Petrojayan Serangan Surakarta yang tergabung dalam paguyuban “Maju Utomoâ€. Induksi teknologi yang akan diterapkan pada mitra adalah aplikasi e-Market Place sebagai sarana promosi dan transaksi penjualan secara online. Kegiatan ini memiliki target untuk perluasan tempat pemasarandan penjualan secara online. Metode kegiatan ini dilakukan dalam lima tahap yaitu (1) Penyusunan Materi, (2) Pelatihan, (3) Persiapan peralatan, Konfigurasi Sistem dan Implementasi Sistem, (4) Pendampingan dan (5) Monitoring. Pendekatan yang dilakukan untuk proses penyusunan materi dan pelatihan adalah pendekatan konsep-proses. Pada Penyusunan materi tim menyusun materi mengenai optimalisasi dan pemanfaatan aplikasi e-market place. Pelatihan yang dilakukan dengan menggunakan metode diskusi dan demonstrasi sehingga mitra dapat dengan mudah memahami materi cara menggunakan aplikasi sistem promosi dan penjualan online dengan menggunakan aplikasi e-market place. Kegiatan pengabdian ini dapat memberikan pengetahuan dan ketrampilan dalam pemanfaatan aplikasi e-Market Place kepada mitra sehingga dapat meningkatkan jumlah omzet penjualan mitra.
Kata Kunci : Induksi, Teknologi, e-Market Place, Penjualan, Online

References

Marketing). Universitas Esa Unggul Jakarta, Jurnal Ekonomi4(2):151-161.

Purwanto, E., Bangun, P. C. U., Pipin, W. (2019).Induksi Teknologi pada Industri Kreatif Kampung Sentra Blangkon: Promosi, Pengelolaan Pemesanan dan Penjualan. Jurnal Abdimas PHB, 2 (2): 15-20

Purwanto, E., Bangun, P. C. U. (2017). Sistem Informasi Pemasaran Produk Secara Online dengan Metode Sugest up Selling. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Bisnis. ISBN: 978-602-50962-0-4: 71-79

Phamendyta Aldaning Azaria, Srikandi Kumadji Fransisca, Yaningwati. 2014. Pengaruh Internet Marketing Terhadap Pembentukan Word of Mouth dan Efektivitas Iklan dalam Meningkatkan Brand Awareness (Studi pada Follower Akun Twitter Pocari Sweat di Jejaring Sosial Twitter), Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 13(1):1-7.

Rudy Adipranata, Theresia Letiowati, Santi Wiryono. E-Market Place Sebagai Sarana Transaksi Lelang Online. Teknik Informatika. Fakultas Teknologi Informasi. Universitas Kristen Petra.

Santoso. 2015. E-Marketing pada UKM Sepatu Bunut Abang Adik Kisaran. AMIK Royal Kisaran, Sumatera Utara : Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, Volume 1 Nomor 2 Maret 2015, hlm 87-91

Downloads

Published

2019-10-12