PENERAPAN KNOWLEDGE DAN DIGITAL MARKETING PADA KELOMPOK USAHA BERSAMA D’BAKULAN DAN KELOMPOK USAHA BERSAMA ENYE DI KOTA SIDOARJO
Abstract
Pemberdayaan UKM di Indonesia bagian terpenting untuk meningkatkan perekonomian nasional. Perkembangan UKM sebagai upaya memberdayakan usaha kecil guna mencapai tujuan dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera. Pemberdayaan dilakukan untuk membentuk masyarakat yang mandiri dalam perekonomian. Banyak dari kalangan masyarakat yang masih mengalami kesulitan dan kendala dalam menjalankan usaha kecilnya termasuk Kelompok Usaha Bersama D’Bakulan dan Enye yang berada di Kec. Sidoarjo, Jawa Timur. Berbagai kendala dan masalah yang sedang dihadapi oleh KUB disebabkan kemajuan teknologi didalam menyajikan produk yang menarik sehingga menuntut KUB untuk berperan aktif didalam menjalankan usaha bersama dengan knowledge dan teknologi informasi didalam memasarkan produk berbasis online yaitu pemasaran digital. Kelompok usaha bersama D’Bakulan dan Enye merupakan sebuah kelompok masyarakat kecil yang melakukan kegiatan usaha bersama dibidang produksi makanan untuk memenuhi permintaan pasar seperti jajanan dan oleh – oleh khas Kota Sidoarjo. Hal ini sejalan dengan Kota Sidoarjo sebagai Kota Transit di jawa timur termasuk pantura dan memiliki bandara yang setiap saat banyak pendatang berkunjung dan membeli oleh – oleh untuk dibawa sebagai khas Kota Sidoarjo. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk memberikan solusi terhadap kendala yang dihadapi KUB melalui FGD produk inovatif, pelatihan desain produk dan photoshop serta pelatihan menggunakan media online untuk memasarkan produk yang tersedia berbasis pemasaran digital. Berbagai solusi sudah diberikan melalui program ini seperti pemasaran digital dan pembuatan produk inovatif serta pembuatan blog untuk mempersiakan kelompok usaha bersama dalam memasarkan produk menggunakan digital marketing.Kata kunci: Pemberdayaan UKM, Knowledge, Digital Marketing
Downloads
Published
2018-12-10
Issue
Section
Artikel