SISTEM INFORMASI UNTUK PERBAIKAN MANAJEMEN UKM BATIK MUTIARA HASTA

Authors

  • Budi Warsito, Di Asih I Maruddani, Suryono & Endang Purbowati

Abstract

UKM Mutiara Hasta terletak di Kelurahan Tandang Kecamatan Tembalang Kota Semarang merupakan usaha kecil menengah yang berfokus pada pelatihan membatik disamping juga memproduksi batik. Ciri utama dari usaha ini adalah jenis batik yang dikembangkan berupa batik kontemporer. Berbagai kegiatan pelatihan membatik telah dilakukan baik yang bekerjasama dengan instansi pemerintah, kelompok masyarakat maupun swasta. UKM Mutiara Hasta juga melakukan pendampingan terhadap UKM batik lain yang memerlukan pembinaan. Salah satu permasalahan pada pengelolaan UKM ini adalah dalam hal manajemen administrasi dan keuangan. Tenaga administrasi yang dimiliki belum mempunyai kemampuan yang mumpuni untuk mengelola administrasi kegiatan pelatihan, pemesanan, transaksi maupun kebutuhan bahan membatik. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pelatihan terhadap tenaga administrasi di UKM Mutiara Hasta melalui pemanfaatan teknologi informasi untuk memperbaiki manajemen UKM. Kegiatan dilakukan melalui pengembangan sistem informasi manajemen batik dengan aplikasi berbasis Personal Home Page (PHP). Aplikasi dibuat sesuai dengan operasional yang selama ini berjalan di UKM untuk memudahkan pengoperasian sistem. Data yang diinputkan ke sistem merupakan data UKM yang telah tercatat di buku induk pencatatan dan selanjutnya dapat digunakan untuk input data terbaru secara real time. Hasil penginputan juga bisa diunduh dan disimpan untuk digunakan sesuai kepentingan. Melalui kegiatan ini sistem tatakelola administrasi dan keuangan UKM menjadi lebih baik.
Kata-kata kunci: sistem informasi, UKM batik, Mutiara Hasta, manajemen

References

Babaei, M., & Beikzad, J. 2013. Management information system, challenges and solutions. European Online Journal of Natural and Social Sciences: Proceedings, 2(3 (s)), pp-374.

Berisha-Shaqiri, A. 2014. Management Information System and Decision-Making. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 3(2), 19.

Bright, A. A., & Asare, G. 2019. The Impact of Management Information System on University of Education Winneba, Kumasi Campus-Ghana. European Journal of Research and Reflection in Management Sciences Vol, 7(1).

Ghaffarzadeh, Ş. A. M. 2015. Decision making based on management information system and decision support system. Journal of Management Research and Analysis, 2(1), pp. 98-107.

Keszthelyi, A. 2009. How to Measure an Information System's Efficiency?. the 7-th International Conference On Management, Enterprise and Benchmarking (05.06.–06.06. 2009). Budapest pp. 213-219.

Nayak, G., Sequeira, A. H., & Senapati, S. 2012. Management Information System for Effective and Efficient Decision Making: A Case Study. Available at SSRN 2174035.

Slamet, R., 2015, Profil UKM Batik Mutiara Hasta, tidak dipublikasikan

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-10-15