PENGARUH IKLAN DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP CITRA KEDAI KOPI (Survei pada Kedai Kopi Sharing di Karanganyar)

Survei pada Kedai Kopi Sharing di Karanganyar

Penulis

  • Rio Murtopo Wahyu Aji
  • Nurnawati Hindra Hastuti
  • Andri Astuti Itasari

Abstrak

Berkembangnya usaha bisnis kopi membuat pengusaha minuman kopi harus menentukan strategi yang tepat agar mampu memenangkan persaingan. Perkembangan usaha kopi ini tidak lain disebabkan karena banyaknya minat dari masyarakat terhadap usaha minuman kopi. Seiring mengikuti perkembangan di usaha minuman kopi, membuat banyak usaha kopi dituntut untuk memberikan harga dan citra usaha yang dijual sesuai dengan masyarakat.  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh iklan dan promosi penjualan terhadap citra kedai kopi. 

Penelitian ini dilandasi dari teori komunikasi pemasaran yang merupakan usaha untuk menyampaikan pesan kepada publik terutama konsumen sasaran mengenai perbedaan produk di pasar. Kegiatan komunikasi pemasaran merupakan rangkaian kegiatan untuk mewujudkan suatu produk, jasa, ide dengan menggunakan bauran pemasaran yaitu: iklan, penjualan tatap muka, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan publisitas serta pemasaran langsung.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian  adalah konsumen Kedai Kopi Sharing Karangnayar. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental  sampling dengan sampel 100 konsumen. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan berpengaruh signifikan terhadap citra kedai kopi Sharing di Karanganyar, sehingga semakin baik iklan maka citra kedai kopi juga semakin meningkat. Promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap citra kedai kopi Sharing di Karanganyar, sehingga semakin baik promosi penjualan maka citra kedai kopi juga semakin meningkat. Iklan dan promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap citra kedai kop Sharing di Karanganyar secara bersama-sama. 

Kata kunci : iklan, promosi penjualan, citra

 

 

Diterbitkan

2024-01-09

Cara Mengutip

Wahyu Aji, R. M., Hindra Hastuti, N., & Astuti Itasari, A. (2024). PENGARUH IKLAN DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP CITRA KEDAI KOPI (Survei pada Kedai Kopi Sharing di Karanganyar): Survei pada Kedai Kopi Sharing di Karanganyar. Solidaritas, 7(2). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9774

Terbitan

Bagian

Artikel