Diplomasi Budaya,Nation Branding PENGUATAN NATIONAL BRANDING TARI TRADISIONAL INDONESIA OLEH MAHASISWA ASING YANG BELAJAR KESENIAN DI KOTA SURAKARTA
Penguatan Nation Branding Tari Tradisional Indonesia Oleh Mahasiswa Asing yang Belajar Kesenian di Kota Surakarta
Abstrak
Penelitian ini bertujuan meneliti tentang penguatan nation branding tari tradisional Indonesia oleh mahasiswa asing yang belajar kesenian di Kota Surakarta. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, dan pencarian data yang digunakan adalah data primer berupa hasil wawancara dan data sekunder berupa data dari dokumen yang tersedia. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep nation branding dan diplomasi kebudayaan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa penguatan nation branding ini dilakukan para mahasiswa asing yang belajar kesenian di Surakarta, dengan mendalami tari tradisional dan menciptakan tari baru, kemudian menampilkannya baik di kota Surakarta maupun di negara mereka.