PENGUATAN NATIONAL BRANDING TARI TRADISIONAL INDONESIA OLEH MAHASISWA ASING YANG BELAJAR KESENIAN DI KOTA SURAKARTA
Penguatan Nation Branding Tari Tradisional Indonesia Oleh Mahasiswa Asing yang Belajar Kesenian di Kota Surakarta
Abstract
 Penelitian ini bertujuan meneliti tentang penguatan nation branding tari tradisional
Indonesia oleh mahasiswa asing yang belajar kesenian di Kota Surakarta. Metode dalam
penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, dan pencarian data yang
digunakan adalah data primer berupa hasil wawancara dan data sekunder berupa data dari
dokumen yang tersedia. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep nation
branding dan diplomasi kebudayaan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa
penguatan nation branding ini dilakukan para mahasiswa asing yang belajar kesenian di
Surakarta, dengan mendalami tari tradisional dan menciptakan tari baru, kemudian
menampilkannya baik di kota Surakarta maupun di negara mereka.
Kata Kunci: Identitas Nasional, Diplomasi Budaya, Kesenian Indonesia