Diplomasi Budaya,Nation Branding PENGUATAN NATIONAL BRANDING TARI TRADISIONAL INDONESIA OLEH MAHASISWA ASING YANG BELAJAR KESENIAN DI KOTA SURAKARTA

Penguatan Nation Branding Tari Tradisional Indonesia Oleh Mahasiswa Asing yang Belajar Kesenian di Kota Surakarta

Penulis

  • Ika Ilmiyanti MAHASISWA
  • Christy Damayanti
  • Untari Narulita Madyar Dewi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan meneliti tentang penguatan nation branding tari tradisional Indonesia oleh mahasiswa asing yang belajar kesenian di Kota Surakarta. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, dan pencarian data yang digunakan adalah data primer berupa hasil wawancara dan data sekunder berupa data dari dokumen yang tersedia. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep nation branding dan diplomasi kebudayaan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa penguatan nation branding ini dilakukan para mahasiswa asing yang belajar kesenian di Surakarta, dengan mendalami tari tradisional dan menciptakan tari baru, kemudian menampilkannya baik di kota Surakarta maupun di negara mereka.

Diterbitkan

2024-01-09

Cara Mengutip

Ilmiyanti, I., Damayanti, C., & Madyar Dewi, U. N. (2024). Diplomasi Budaya,Nation Branding PENGUATAN NATIONAL BRANDING TARI TRADISIONAL INDONESIA OLEH MAHASISWA ASING YANG BELAJAR KESENIAN DI KOTA SURAKARTA : Penguatan Nation Branding Tari Tradisional Indonesia Oleh Mahasiswa Asing yang Belajar Kesenian di Kota Surakarta. Solidaritas, 7(2). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9754

Terbitan

Bagian

Solidaritas: Volume 2 No 3