kinerja pegawai kantor desa dalam memberikan pelayanan administrasi kepada msyarakat di desa purwosuman kecamatan sidoharjo kabupaten sragen
performance of village office employees in providing administrative services to communities in purwosuman village. sidoharjo district sragen district
Abstrak
Kinerja pegawai kantor desa merupakan salah satu faktor penentu dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pegawai kantor Desa dalam memberikan pelayanan administrasi kepada masyarakat di Desa Purwosuman Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen.
Penelitian ini menggunakan enam indikator kinerja menurut teori Robbins 2006 yang terdiri dari : (1) kualitas, (2) kuantitas, (3) ketepatan waktu, (4) efektivitas, (5) Kemandirian, (6) komitmen kerja. Metode yang digunakan adalah kualitatif dan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Pendekatan kualitatif dengan analisis data deskripstif menggunakan model Miles, Huberman, dan saldana yaitu dengan cara (1) Pengumpulan Data, (2) Kondensasi Data, (3) Penyajian Data, dan (4) Penarikan Kesimpulan dan menggunakan metode observasi, wawancara, dan Dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pegawai kantor desa dalam memberikan pelayanan administrasi kepada masyarakat di Desa Purwosuman Kabupaten Sragen masih belum sepenuhnya berjalan sesuai dengan harapan masyarakat, kualitas kerja pegawai dalam memberikan informasi, kuantitas kerja pegawai dalam membuat data, ketepatan waktu sesuai SOP, efektitivitas pegawai dalam penggunaan alat bantu, kemandirian pegawai dalam menjalankan tugasnya, dan komitmen kerja pegawai dalam mempertanggung jawabkan tugasnya. Untuk meningkatkan kualitas kinerja pegawai yang baik ada beberapa perbaikan dalam ketepatan waktu, daya tanggap dan sarana untuk menghasilkan kinerja pegawai yang lebih berkualitas.
Kata Kunci: Kinerja Pegawai, Pelayanan Administrasi, kualitas, kuantitas,