EFEKTIVITAS ORGANISASI PUBLIK DALAM PELAYANAN MASYARAKAT BERBASIS ONLINE (STUDI KASUS DI DINAS ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA SURAKARTA)

(CASE STUDY AT THE POPULATION ADMINISTRATION AND CIVIL REGISTR

Penulis

  • Riszi Sanjaya Putra Universitas Slamet Riyadi
  • Joko Pramono
  • Sri Riris Sugiyarti

Abstrak

Penulis mengambil judul penelitian Efektivitas Organisasi Publik Dalam Pelayanan Masyarakat Berbasis Online dengan mengambil Studi Kasus Di Dinas Administrasi Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Surakarta. Penelitian ini pada khususnya bertujuan untuk menganalisa evektifitas dari peran organisasi publik Dinas Administrasi Penduduk dan Catatan Sipil Kota Surakarta dalam melakukan pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk dan perubahan Kartu Keluarga di Kota Surakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan mengambil lokasi penelitian di Kantor Pemerintah Kota Surakarta pada unit Dinas Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil Balaikota Surakarta. Metode pada pengumpulan data dari penelitian ini dilakukan dengan cara Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan yakni dengan menggunakan teori analisis kualitatif yang sebagaimana dikemukakan oleh Miles dan Hubberman yakni teknis analisis data kualitatif.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian mengenai efektivitas organisasi publik dalam pelayanan masyarakat berbasis online (studi kasus di Dinas Administrasi Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Surakarta) berjalan dengan baik meskipun terdapat kendala di beberapa indikator yang perlu ditingkatkan dalam pelayanan pengurusan berkas secara online, yakni adanya 1 wadah khusus yang digunakan untuk berkomunikasi dan pengiriman berkas. Karena pada saat ini, aplikasi resmi yang terdaftar pada Appstore masih kurang berfungsi secara maksimal. Karena hanya bisa digunakan untuk pendaftaran masyarakat.

Diterbitkan

2024-01-09

Cara Mengutip

Putra, R. S., Pramono, J., & Sugiyarti, S. R. (2024). EFEKTIVITAS ORGANISASI PUBLIK DALAM PELAYANAN MASYARAKAT BERBASIS ONLINE (STUDI KASUS DI DINAS ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA SURAKARTA): (CASE STUDY AT THE POPULATION ADMINISTRATION AND CIVIL REGISTR. Solidaritas, 7(2). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9735

Terbitan

Bagian

Solidaritas: Volume 2 No 3