KUALITAS PELAYANAN PENGURUSAN PERSYARATAN ADMINISTRASI PERKAWINAN DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN SIMO KABUPATEN BOYOLALI

Kualitas Pelayanan Pengurusan Persyaratan Administrasi Perkawinan Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali

Authors

  • Lusiana Ramadhani Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Joko Pramono
  • Sri Riris Sugiyarti

Abstract

Kantor Urusan Agama merupakan instansi pemerintah yang menyelenggarakan
pelayanan Pengurusan Administrasi Perkawinan. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisa tentang Kualitas Pelayanan diKantor Urusan Agama Kecamatan Simo.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan
menggunakan dimensi yang dikembangkan oleh Zeithaml, Parasuraman dan Berry (1990)
dalam Hardiyansyah (2011:11) seperti tangible (bukti fisik), reliability (kehandalan),
responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan emphaty (empati). Metode pada
pengumpulan data dari penelitian ini dilakukan dengan cara Observasi, Wawancara dan
Dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan yakni dengan
menggunakan teori dari Mathew B, A. Michael Huberman dan Johny Saldana dalam
Miles dan Huberman (2014:12) yakni teknis analisis data interaktif.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Pengurusan
Persyaratan Administrasi Perkawinan di Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali mampu
dinilai baik, hal ini dapat dilihat dari beberapa dimensi yang dikembangkan oleh
Zeithaml, Parasuraman dan Berry (1990) dalam Hardiyansyah (2011:11). Namun pada
dimensi tangible dan assurance belum sepenuhnya mampu dikatakan baik, yakni pada
area parkir yang belum beratap perlu untuk diperbaiki. Serta pada jaminan informasi
terbaru karena kurangnya sosialisasi terhadap pengguna layanan dan tidak tersedianya
media sosial sebagai alat untuk masyarakat mengakses informasi yang dibutuhkan
sehingga kebutuhan pengguna layanan menjadi tidak terpenuhi, dengan adanya hal itu
maka pada KUA Kecamatan Simo perlu mengadakan perbaikan serta sosialisi terhadap
pengguna layanan melalui media online maupun offline untuk memenuhi kebutuhan pada
pengguna layanan.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Persyaratan Administrasi Perkawinan

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-01-09

How to Cite

Ramadhani, L., Pramono, J., & Sugiyarti, S. R. (2024). KUALITAS PELAYANAN PENGURUSAN PERSYARATAN ADMINISTRASI PERKAWINAN DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN SIMO KABUPATEN BOYOLALI: Kualitas Pelayanan Pengurusan Persyaratan Administrasi Perkawinan Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali. Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 7(2). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9559

Issue

Section

Solidaritas: Volume 2 No 3