Kualitas Pelayanan Pengurusan Persyaratan Administrasi Perkawinan Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali
Kualitas Pelayanan Pengurusan Persyaratan Administrasi Perkawinan Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali
Abstrak
Kantor Urusan Agama merupakan instansi pemerintah yang menyelenggarakan pelayanan Pengurusan Administrasi Perkawinan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa tentang Kualitas Pelayanan diKantor Urusan Agama Kecamatan Simo.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan dimensi yang dikembangkan oleh Zeithaml, Parasuraman dan Berry (1990) dalam Hardiyansyah (2011:11) seperti tangible (bukti fisik), reliability (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan emphaty (empati). Metode pada pengumpulan data dari penelitian ini dilakukan dengan cara Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan yakni dengan menggunakan teori dari Mathew B, A. Michael Huberman dan Johny Saldana dalam Miles dan Huberman (2014:12) yakni teknis analisis data interaktif.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Pengurusan Persyaratan Administrasi Perkawinan di Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali mampu dinilai baik, hal ini dapat dilihat dari beberapa dimensi yang dikembangkan oleh Zeithaml, Parasuraman dan Berry (1990) dalam Hardiyansyah (2011:11). Namun pada dimensi tangible dan assurance belum sepenuhnya mampu dikatakan baik, yakni pada area parkir yang belum beratap perlu untuk diperbaiki. Serta pada jaminan informasi terbaru karena kurangnya sosialisasi terhadap pengguna layanan dan tidak tersedianya media sosial sebagai alat untuk masyarakat mengakses informasi yang dibutuhkan sehingga kebutuhan pengguna layanan menjadi tidak terpenuhi, dengan adanya hal itu maka pada KUA Kecamatan Simo perlu mengadakan perbaikan serta sosialisi terhadap pengguna layanan melalui media online maupun offline untuk memenuhi kebutuhan pada pengguna layanan.