PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI BADAN KEPEHAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBERDAYA MANUSIA KOTA SURAKARTA
THE INFLUENCE OF ORGANIZATIONAL CULTURE AND EMPLOYEE MOTIVATION ON THE QUALITY OF SERVICE IN THE STAFFING AGENCY AND HUMAN RESOURCE DEVELOPMENT IN SURAKARTA CITY
Abstrak
Abstrak
Pelayanan merupakan kunci penentu yang memiliki kaitan erat terhadap proses pemberian kepuasan kepada pelanggan. Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kota Surakarta merupakan organisasi publik yang menunjang urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah pada bidang kepegawaian, dan pengembangan sumberdaya manusia maka diperlukan penilaian kinerja sebagai upaya perbaikan guna meningkatkan pelayanan dalam jangka kedepan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Budaya Organisasi dan Motivasi pegawai terhadap Kualitas Pelayanan di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kota Surakarta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian kuantitatif. Analisis data diproses dengan SPSS Statistics 28 untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Populasi dari penenlitian ini adalah seluruh pegawai dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kota Surakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling non probability atau sampel jenuh, sehingga diperoleh 40 orang sebagai sampel dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini ada 3 yakni, metode observasi, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Budaya Organisasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kualitas Pelayanan di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kota Surakarta dan Motivasi Pegawai juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kualitas Pelayanan di Badan Kepegawaian dan pengembangan Sumberdaya Manusia Kota Surakarta.
Kata kunci : Budaya Organisasi, Motivasi pegawai, Kualitas Pelayanan.
Abstract
Service is a key determinant that has a close relationship with the process of providing satisfaction to customer. The Personnel and Human Resources Development Agency for the City of Surakarta is a public organization that supports government affairs which are the authority of the region in the field of staffing, and human resource development requires performance appraisal as an effort to improve services in the future. This study aims to determine the effect of Organizational Culture and Employee Motivation on Service Quality in the Personnel and Human Resources Development Agency in Surakarta City. The type of research used in this research is quantitative research. Data analysis is processed with SPSS Statistics 28 to test the hypotheses that have been set. The population of this study are all employees of the Surakarta City Personnel and Human Resources Development Agency. Sampling was carried out using non-probability sampling techniques or saturated samples, in order to obtain 40 people as samples in this study. There are 3 data collection methods in this study namely, the observation method, the questionnaire method, and the documentation method. The data analysis technique used is descriptive statistics, validity test, reliability test, classical assumption test, hypothesis test, and multiple linear regression analysis.
The results of the study concluded that Organizational Culture has a positive and significant influence on the Quality of Service in the Personnel Agency and Human Resource Development in Surakarta City and Employee Motivation also has a positive and significant influence on Service Quality in the Personnel Agency and Human Resource Development in Surakarta City.
Keywords: Organizational Culture, Employee Motivation, Service Quality