PERAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI GURU BK DAN SISWA DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SMK N 1 SAMBIREJO SRAGEN

Authors

  • Destya Fitri Widyawati UNIVERSITAS SLAMET RIYADI SURAKARTA
  • Herning Suryo
  • Haryo Kusumo Aji

Abstract

 Proses komunikasi terutama komunikasi antara guru dan siswa akan mencapai tingkat yang
efektif apabila didukung dengan hubungan komunikasi antarpribadi yang baik. Tujuan dari
penelitian ini adalah peran komunikasi antarpribadi guru BK dan siswa dalam mengatasi
kenakalan siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif dan menggunakan
metode kualitatif. Hasil penelitian yang didapatkan dari 7 informan meliputi 4 guru BK dan 3
siswa menunjukkan bahwa komunikasi antarpribadi dalam bimbingan konseling antara guru
BK dan siswa memperlihatkan lima aspek penting. Keterbukaan memperlihatkan siswa yang
bermasalah memilih berkata jujur dan ada juga siswa yang belum berkata jujur karena takut
dicecar pertanyaan serta masalah privasi siswa. Empati memperlihatkan adanya rasa empati
dan peduli dari guru BK terhadap permasalahan siswa. Dukungan memperlihatkan bahwa guru
BK mendampingi siswa yang bermasalah dan membatu agar siswa keluar dari permasalahan
tersebut. Rasa positif memperlihatkan bahwa rasa positif guru mempengaruhi suasana
interaksi dan komunikasi siswa. Kesetaraan memperlihatkan perlakuan guru terhadap siswa
lainnya setara tidak membandingkan siswa satu dengan siswa lainnya.
Kata kunci : Komunikasi Antarpribadi, Kenakalan siswa

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-01-09

How to Cite

Widyawati, D. F., Suryo, H., & Aji, H. K. (2024). PERAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI GURU BK DAN SISWA DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SMK N 1 SAMBIREJO SRAGEN. Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 7(2). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9532

Issue

Section

Solidaritas: Volume 2 No 3