PERAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI GURU BK DAN SISWA DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SMK N 1 SAMBIREJO SRAGENp
Abstrak
Proses komunikasi terutama komunikasi antara guru dan siswa akan mencapai tingkat yang efektif apabila didukung dengan hubungan komunikasi antarpribadi yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah peran komunikasi antarpribadi guru BK dan siswa dalam mengatasi kenakalan siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif dan menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian yang didapatkan dari 7 informan meliputi 4 guru BK dan 3 siswa menunjukkan bahwa komunikasi antarpribadi dalam bimbingan konseling antara guru BK dan siswa memperlihatkan lima aspek penting. Keterbukaan memperlihatkan siswa yang bermasalah memilih berkata jujur dan ada juga siswa yang belum berkata jujur karena takut dicecar pertanyaan serta masalah privasi siswa. Empati memperlihatkan adanya rasa empati dan peduli dari guru BK terhadap permasalahan siswa. Dukungan memperlihatkan bahwa guru BK mendampingi siswa yang bermasalah dan membatu agar siswa keluar dari permasalahan tersebut. Rasa positif memperlihatkan bahwa rasa positif guru mempengaruhi suasana interaksi dan komunikasi siswa. Kesetaraan memperlihatkan perlakuan guru terhadap siswa lainnya setara tidak membandingkan siswa satu dengan siswa lainnya.
Kata kunci : Komunikasi Antarpribadi, Kenakalan siswa