Kualitas Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Klaten
Kualitas Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Klaten
Abstrak
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Klaten dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan menciptakan beberapa inovasi salah satunya pada pembuatan akta kelahiran dengan program PANDUSAKTI (Pelayanan Administrasi Kependudukan di Rumah Sakit Terintegrasi). Sehingga setiap bayi yang lahir melalui program PANDUSAKTI ini akan langsung mendapatkan akta kelahiran, KIA, dan KK baru. Namun pada pelaksanaannya terdapat kendala karena Program PANDUSAKTI ini baru bekerjasama dengan 2 Rumah Sakit saja, yaitu RSI Klaten dan RSUD Bagas Waras. Sehingga tidak semua masyarakat Klaten dapat melahirkan disana dan mendapatkan program tersebut, akibatnya lebih banyak masyarakat Klaten yang harus mengurus akta kelahiran secara Offline.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kualitas pelayanan pembuatan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Klaten. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pembuatan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Klaten masih kurang baik dan belum memuaskan. Hal ini dapat dilihat dari lima dimensi yang dikemukakan oleh Zeithaml, Parasuraman dan Berry (1990:26) seperti: Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy. Dari lima dimensi masih terdapat tiga dimensi yang belum dijalankan dengan baik seperti dimensi Tangibles, Responsiveness, Assurance. Sedangkan untuk dimensi Reliability dan Empathy sudah terlaksana dengan baik.
Sesuai pemaparan diatas peneliti memberikan rekomendasi kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Klaten untuk dapat memperbaiki indikator-indikator yang belum maksimal pada dimensi Tangibles, Responsiveness dan Assurance dan mempertahankan kualitas pelayanan pada dimensi Reliability dan Empathy.
Kata kunci: kualitas, pelayanan, akta kelahiran