Kualitas Pelayanan E-Litbang Pada Badan Penelitian Dan Pengembanggan Daerah Kota Surakarta

Kualitas Pelayanan E-Litbang Pada Badan Penelitian Dan Pengembanggan Daerah Kota Surakarta

Penulis

  • Dafitri Rahma Deviani UNIVERSITAS SLAMET RIYADI SURAKARTA
  • Winarti Winarti
  • Joko Suranto

Abstrak

Layanan website E-Litbang adalah website layanan publik yang ada di kantor Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Surakarta yang memberikan layanan berupa izin penelitian, izin KKN, izin survey, izin permohonan data, izin wawancara dan izin pengabdian masyarakat untuk wilayah kota Surakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kualitas pelayanan website E-Litbang pada Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Surakarta.Teori yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan teori kualitas pelayanan publik  menurut Zeithaml yang dikutip oleh Hardiansyah (2018:73) yang terdapat 5 indikator yakni tangibel (berwujud), reliability (kehandalan), responsiviness (ketanggapan), assurance (jaminan), empathy (empati)

            Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan berupa informan atau narasumber, tempat atau lokasi, rekaman, dokumen, dan dokumentasi gambar. Dan jenis data yang digunakan ada dua yakni data primer dan data sekunder. Lalu untuk teknik penentuan informan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Kemudian teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.  Untuk validitas data penelitian menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber, teknik dan waktu. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman (2014:14), secara teknik terdiri dari 4 (empat) hal utama, yaitu pengumpulan data, kondensasi  data  atau  penyederhanaan  data,  penyajian  data  dan  penarikan kesimpulan atau verifikasi.

            Hasil penelitian menunjukan  kualitas pelayanan website E-Litbang pada Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah kota Surakarta dapat disimpulkan bahwa secara umum kualitas pelayanan website E-Litbang pada Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah kota Surakarta dapat dikatakan baik. Hal ini dapat dilihat dan diukur menggunakan 5 dimensi yakni tangible terkait sarana dan prasarana serta fasilitas yang disediakan kantor Balitbangda, reliability terkait kehandalan pegawai dalam melayani pemohon, responsiviness terkait respon pegawai Balitbangda saat melayani pemohon, assurance terkait dengan jaminan-jaminan yang diberikan saat proses pelayanan dan empathy terkait rasa empati pegawai terhadap pemohon. Secara umum dimensi menyatakan bahwa pelayanan website E-Litbang sudah baik. Namun ada beberapa hal yang perlu diperbaiki agar pelayanan public di kantor Balitbangda kota Surakarta lebih baik. Terkait dengan fasilitas toilet wanita yang kurang layak dan jaminan-jaminan pelayanan yang tidak dicantumkan dalam  website E-Litbang serta harus dipertimbangkan sesuai dengan ketentuan  SOP(Standar Operasional Prosedur) dan standar pelayanan yang berlaku di kantor Balitbangda kota Surakarta.

Kata kunci : Kualitas, Pelayanan, E-Litbang.

Diterbitkan

2024-01-09

Cara Mengutip

Rahma Deviani, D., Winarti, W., & Suranto, J. (2024). Kualitas Pelayanan E-Litbang Pada Badan Penelitian Dan Pengembanggan Daerah Kota Surakarta: Kualitas Pelayanan E-Litbang Pada Badan Penelitian Dan Pengembanggan Daerah Kota Surakarta. Solidaritas, 7(2). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9360

Terbitan

Bagian

Artikel