Kualitas Pelayanan E-Litbang Pada Badan Penelitian Dan Pengembanggan Daerah Kota Surakarta

Kualitas Pelayanan E-Litbang Pada Badan Penelitian Dan Pengembanggan Daerah Kota Surakarta

Authors

  • Dafitri Rahma Deviani UNIVERSITAS SLAMET RIYADI SURAKARTA
  • Winarti Winarti
  • Joko Suranto

Abstract

Layanan website E-Litbang adalah website layanan publik yang ada di kantor Badan
Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Surakarta yang memberikan layanan berupa izin
penelitian, izin KKN, izin survey, izin permohonan data, izin wawancara dan izin pengabdian
masyarakat untuk wilayah kota Surakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis
dan mendeskripsikan kualitas pelayanan website E-Litbang pada Badan Penelitian dan
Pengembangan Daerah Kota Surakarta.Teori yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan
teori kualitas pelayanan publik menurut Zeithaml yang dikutip oleh Hardiansyah (2018:73)
yang terdapat 5 indikator yakni tangibel (berwujud), reliability (kehandalan), responsiviness
(ketanggapan), assurance (jaminan), empathy (empati)
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Sumber data yang digunakan berupa informan atau narasumber, tempat atau lokasi, rekaman,
dokumen, dan dokumentasi gambar. Dan jenis data yang digunakan ada dua yakni data primer
dan data sekunder. Lalu untuk teknik penentuan informan dalam penelitian ini adalah purposive
sampling. Kemudian teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Untuk validitas data penelitian menggunakan triangulasi yaitu triangulasi
sumber, teknik dan waktu. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan teori Miles dan
Huberman (2014:14), secara teknik terdiri dari 4 (empat) hal utama, yaitu pengumpulan data,
kondensasi data atau penyederhanaan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau
verifikasi.
Hasil penelitian menunjukan kualitas pelayanan website E-Litbang pada Badan
Penelitian dan Pengembangan Daerah kota Surakarta dapat disimpulkan bahwa secara umum
kualitas pelayanan website E-Litbang pada Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah kota
Surakarta dapat dikatakan baik. Hal ini dapat dilihat dan diukur menggunakan 5 dimensi yakni
tangible terkait sarana dan prasarana serta fasilitas yang disediakan kantor Balitbangda,
reliability terkait kehandalan pegawai dalam melayani pemohon, responsiviness terkait respon
pegawai Balitbangda saat melayani pemohon, assurance terkait dengan jaminan-jaminan yang
diberikan saat proses pelayanan dan empathy terkait rasa empati pegawai terhadap pemohon.
Secara umum dimensi menyatakan bahwa pelayanan website E-Litbang sudah baik. Namun
ada beberapa hal yang perlu diperbaiki agar pelayanan public di kantor Balitbangda kota
Surakarta lebih baik. Terkait dengan fasilitas toilet wanita yang kurang layak dan jaminanjaminan pelayanan yang tidak dicantumkan dalam website E-Litbang serta harus
dipertimbangkan sesuai dengan ketentuan SOP(Standar Operasional Prosedur) dan standar
pelayanan yang berlaku di kantor Balitbangda kota Surakarta.
Kata kunci : Kualitas, Pelayanan, E-Litbang.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-01-09

How to Cite

Rahma Deviani, D., Winarti, W., & Suranto, J. (2024). Kualitas Pelayanan E-Litbang Pada Badan Penelitian Dan Pengembanggan Daerah Kota Surakarta: Kualitas Pelayanan E-Litbang Pada Badan Penelitian Dan Pengembanggan Daerah Kota Surakarta. Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 7(2). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9360