Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Seram Utara Timur Kobi Kabupaten Maluku Tengah

Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Seram Utara Timur Kobi Kabupaten Maluku Tengah

Penulis

  • Nurmala Mantunainai Ilmu Administrasi Negara, Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Jl Sumpah Pemuda No 18 Kadipiro Surakarta, Indonesia
  • Winarti Winarti
  • Joko Suranto

Abstrak

Penelitian tentang kualitas pelayanan publik di kantor kecamatan seram utara timur kobi kabupaten maluku tengah ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan publik di kantor kecamatan seram utara tiur kobi. Kualitas pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik yaitu setiap institusi penyelenggara negara. Penelitian ini menggunakan teori dari Zeithml dkk yang ditunjukan dengan lima indikator antara lain : tangible (bukti langsung), reliability (kehandalan), responsiviness (daya tanggap), assurance (jaminan) dan empathy (empati). jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode kasus, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu : (1) observasi (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis model interaktif, teknik pemilihan informan ditentukan dengan teknik snowball sampling. Hasil penelitian ini dilihat dari lima indikator yaitu : aspek tangible (bukti langsung), assurance (jaminan) dan empathy (empati) sudah menunjukan hasil yang baik. Aspek reliability (kehandalan) dan responsiviness (daya tanggap) secara keseluruhan sudah cukup baik, akan tetapi masih terdapat kekurangan yaitu, alat bantu komputer dan petugas pelayanan serta petugas yang belum bisa memberikan kepastian waktu dalam pembuatan KTP. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kualitas pelayanan publik di kecamatan seram utara timur kobi sudah cukup baik, akan tetapi masih terdapat indikator yang masih kurang baik seperti raliability tentang kurangnya komputer dan petugas pelayanan dan responsiviness tentang kepeatian waktu dalam pembuatan KTP.

Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan, Publik.

Diterbitkan

2023-12-11

Cara Mengutip

Mantunainai, N., Winarti, W., & Suranto, J. (2023). Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Seram Utara Timur Kobi Kabupaten Maluku Tengah: Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Seram Utara Timur Kobi Kabupaten Maluku Tengah. Solidaritas, 7(1). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9038

Terbitan

Bagian

Solidaritas: Volume 2 No 3