Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Seram Utara timur Kobi Kabupaten Maluku Tengah

Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Seram Utara Timur Kobi Kabupaten Maluku Tengah

Authors

  • Nurmala Mantunainai Ilmu Administrasi Negara, Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Jl Sumpah Pemuda No 18 Kadipiro Surakarta, Indonesia
  • Winarti Winarti
  • Joko Suranto

Abstract

Penelitian tentang kualitas pelayanan publik di kantor kecamatan seram utara
timur kobi kabupaten maluku tengah ini bertujuan untuk mendeskripsikan
kualitas pelayanan publik di kantor kecamatan seram utara tiur kobi. Kualitas
pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka
pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan
perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang,
jasa dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara
pelayanan publik yaitu setiap institusi penyelenggara negara. Penelitian ini
menggunakan teori dari Zeithml dkk yang ditunjukan dengan lima indikator
antara lain : tangible (bukti langsung), reliability (kehandalan), responsiviness
(daya tanggap), assurance (jaminan) dan empathy (empati). jenis penelitian ini
adalah deskriptif kualitatif dengan metode kasus, teknik pengumpulan data
yang digunakan yaitu : (1) observasi (2) wawancara, dan (3) dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis model interaktif, teknik
pemilihan informan ditentukan dengan teknik snowball sampling. Hasil
penelitian ini dilihat dari lima indikator yaitu : aspek tangible (bukti langsung),
assurance (jaminan) dan empathy (empati) sudah menunjukan hasil yang baik.
Aspek reliability (kehandalan) dan responsiviness (daya tanggap) secara
keseluruhan sudah cukup baik, akan tetapi masih terdapat kekurangan yaitu,
alat bantu komputer dan petugas pelayanan serta petugas yang belum bisa
memberikan kepastian waktu dalam pembuatan KTP. Berdasarkan hasil
penelitian bahwa kualitas pelayanan publik di kecamatan seram utara timur
kobi sudah cukup baik, akan tetapi masih terdapat indikator yang masih
kurang baik seperti raliability tentang kurangnya komputer dan petugas
pelayanan dan responsiviness tentang kepeatian waktu dalam pembuatan
KTP.
Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan, Publik

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-12-11

How to Cite

Mantunainai, N., Winarti, W., & Suranto, J. (2023). Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Seram Utara timur Kobi Kabupaten Maluku Tengah: Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Seram Utara Timur Kobi Kabupaten Maluku Tengah. Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/9038

Issue

Section

Solidaritas: Volume 2 No 3