STRATEGI KOMUNIKASI SOLO RADIO DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA MELALUI PROGRAM SIARAN MANAHAN
Abstract
Radio adalah sarana komunikasi massa yang dapat mengirimkan informasi dengan kecepatan
tinggi tanpa dibatasi oleh waktu maupun ruang. Radio memiliki keunggulan dibandingkan media lainnya,
karena individu yang menikmati radio bisa sambil mengerjakan tugas-tugas lainnya. Untuk
mempertahakan eksistensinya, sebuah radio dituntut untuk bisa melakukan strategi komunikasi yang
tepat. Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan strategi komunikasi yang diterapkan Solo Radio
dalam mempertahankan eksistensinya melalui program siaran Manahan. Strategi komunikasi merupakan
kombinasi dari perencanaan komunikasi (communication plan) dan manajemen komunikasi
(communication management) demi mencapai tujuan yang terlebih dahulu telah ditentukan. Eksistensi
pada radio dapat digambarkan bahwa ada kelanggengan pada radio untuk selalu meneruskan usahanya di
bidang siaran, selalu ada untuk khalayak atau pendengarnya. Pengumpulan data dilakukan dengan cara
wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menggambarkan strategi komunikasi yang diterapkan oleh
Solo Radio agar bisa mempertahankan eksistensinya melalui program siaran Manahan. Adapun aspekaspek
yang diteliti dari strategi komunikasi berdasar teori Langkah-langkah strategi komunikasi yang
meliputi: mengetahui audiens, penyusunan pesan, menetapkan metode penyampaian, pemilihan media
komunikasi. Secara keseluruhan diperoleh gambaran bahwa strategi komunikasi yang diterapkan Solo
radio dalam mempertahankan eksistensinya melalui program siaran Manahan adalah: 1). menghadirkan
konten yang berkualitas; 2). menjalin hubungan baik dengan pendengar; 3). memanfaatkan media sosial
untuk memviralkan sebuah acara; 4). mengadakan event dan promosi:
Kata kunci : Strategi Komunikasi, Solo Radio, Manahan