KOMUNIKASI INTERPERSONAL MANAGER KEPADA KARYAWAN DALAM MENJAGA KUALITAS PELAYANAN DI MCDONALD’S THE PARK SOLO BARU

Authors

  • Monica Meilyasari Universitas Slamet Riyadi
  • Buddy Riyanto
  • Nurnawati Hindra Hastuti

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peran komunikasi
interpersonal manager kepada karyawan dalam menjaga kualitas pelayanan di
McDonald’s The Park Solo Baru. Penelitian ini menjabarkan bahwa peran
komunikasi interpersonal dan keramah tamahan manager dan karyawan
sangat penting dalam memberikan pelayanan kepada konsumen. Penelitian
ini dilakukan di McDonald’s The Park Solo Baru menggunakan metodologi
deskriptif kualitatif dengan mengambil narasumber manager dan karyawan
McDonalds The Park Solo Baru. Instrumen penelitian yang digunakan adalah
data primer dan sekunder berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitiannya adalah proses komunikasi yang terjalin antara manager
dan karyawan yang bertujuan untuk menjaga kualitas pelayanan dan
hubungan baik di setiap komunikasi yang berlangsung agar dapat
mengangkat dan mempertahankan citra baik restoran tersebut. Selain itu,
komunikasi interpersonal didukung oleh adanya keterbukaan, kepercayaan,
dan sikap saling mendukung.
Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Atasan dan Bawahan, Pelayanan

Downloads

Published

2023-12-11

How to Cite

Meilyasari, M., Riyanto, B., & Hindra Hastuti, N. (2023). KOMUNIKASI INTERPERSONAL MANAGER KEPADA KARYAWAN DALAM MENJAGA KUALITAS PELAYANAN DI MCDONALD’S THE PARK SOLO BARU. Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/8928

Issue

Section

Solidaritas: Volume 2 No 3