KOMUNIKASI INTERPERSONAL MANAGER KEPADA KARYAWAN DALAM MENJAGA KUALITAS PELAYANAN DI MCDONALD’S THE PARK SOLO BARU

Penulis

  • Monica Meilyasari Universitas Slamet Riyadi
  • Buddy Riyanto
  • Nurnawati Hindra Hastuti

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peran komunikasi interpersonal manager kepada karyawan dalam menjaga kualitas pelayanan di McDonald’s The Park Solo Baru. Penelitian ini menjabarkan bahwa peran komunikasi interpersonal dan keramah tamahan manager dan  karyawan sangat penting dalam memberikan pelayanan kepada konsumen.  Penelitian ini dilakukan di McDonald’s The Park Solo Baru menggunakan metodologi deskriptif kualitatif dengan mengambil narasumber manager dan karyawan McDonalds The Park Solo Baru. Instrumen penelitian yang digunakan adalah data primer dan sekunder berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitiannya adalah  proses komunikasi yang terjalin antara manager dan karyawan yang bertujuan untuk menjaga kualitas pelayanan dan hubungan baik di setiap komunikasi yang berlangsung agar dapat mengangkat dan mempertahankan citra baik restoran tersebut. Selain itu, komunikasi interpersonal didukung oleh adanya keterbukaan, kepercayaan, dan sikap saling mendukung.

Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Atasan dan Bawahan, Pelayanan

Diterbitkan

2023-12-11

Cara Mengutip

Meilyasari, M., Riyanto, B., & Hindra Hastuti, N. (2023). KOMUNIKASI INTERPERSONAL MANAGER KEPADA KARYAWAN DALAM MENJAGA KUALITAS PELAYANAN DI MCDONALD’S THE PARK SOLO BARU. Solidaritas, 7(1). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/8928

Terbitan

Bagian

Solidaritas: Volume 2 No 3