.

Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Pembangunan Desa di Desa Sambirejo Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri

Authors

  • Adinda Deva Adinda Deva , Aris Tri Haryanto , Damayanti
  • Aris Tri Haryanto
  • Damayanti Suhita

Abstract

Abstrak
Penelitian ini berjudul "Partisipasi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa di Desa Sambirejo Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri" bertujuan untuk mendeskripsikan partisipasi masyarakat dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa di Desa Sambirejo Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun narasumber penelitian ini diantaranya adalah aparat Desa serta warga Desa di Desa Sambirejo Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa warga Desa Sambirejo Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri telah memberikan partisipasi dan dukungannya dalam pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa. Warga Desa Sambirejo bersedia memberikan partisipasinya dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan yaitu partisipasi dalam perencanaan yang diwujudkan dengan kehadiran masyarakat dalam menghadiri musyawarah yang diselenggarakan oleh aparat Pemerintah Desa Sambirejo, partisipasi dalam pelaksanaan diwujudkan dalam bentuk tenaga, uang, bahan (material), partisipasi dalam kemanfaatan diwujudkan dalam bentuk kegiatan pemeliharaan lingkungan, dan partisipasi dalam evaluasi . Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat dapat dinilai baik yang ditunjukkan dengan peran serta masyarakat yang aktif dalam pembangunan Desa agar dapat terselesaikan dengan baik.
Kata kunci : Partisipasi Masyarakat , Perencanaan Pembangunan , Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-12-11

How to Cite

Deva, A., Haryanto, A. T., & Suhita, D. (2023). .: Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Pembangunan Desa di Desa Sambirejo Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri. Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/8884

Issue

Section

Solidaritas: Volume 2 No 3