Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Program Bela Sungkawa Kirim Akta Kematian (BESUK KIAMAT) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surakarta
Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Program Bela Sungkawa Kirim Akta Kematian (BESUK KIAMAT) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surakarta
Abstrak
Layanan yang telah diimplementasikan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surakarta adalah Pelayanan Program Bela Sungkawa Kirim Akta Kematian (BESUK KIAMAT). Layanan BESUK KIAMAT ini bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyrakat dalam mendapatkan akta kematian melalui percepatan dan pengoptimalan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni menggunakan teori dari Miles, Huberman (2014) yakni teknis analisis data interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan administrasi kependudukan program Bela Sungkawa Kirim Akta Kematian (BESUK KIAMAT) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surakarta sudah baik, dengan indikator tangible terkait sarana dan prasarana yang cukup baik, pegawai dapat dihandalkan (reliability) dalam melayani masyarakat sebagai pengguna, pegawai merespon (responsiviness) segala keluhan dari masyarakat, pegawai memberikan jaminan (assurance) ketepatan waktu sesuai dengan SOP, dan petugas mempunyai sifat empathy terhadap masyarakat. Walaupun kualitas pelayanan yang diberikan sudah dapat dikatakan baik, tetapi ada beberapa hal yang harus ditingkatkan lagi agar Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surakarta bisa meningkatkan lagi kualitas yang diberikan kepada pengguna layanan, seperti perlu adanya perbaikan dalam hal sarana dan prasarana, daya tanggap dan ketepatan waktu.