KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PROGRAM BELA SUNGKAWA KIRIM AKTA KEMATIAN (BESUK KIAMAT) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA SURAKARTA
Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Program Bela Sungkawa Kirim Akta Kematian (BESUK KIAMAT) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surakarta
Abstract
Layanan yang telah diimplementasikan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota
Surakarta adalah Pelayanan Program Bela Sungkawa Kirim Akta Kematian (BESUK
KIAMAT). Layanan BESUK KIAMAT ini bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada
masyrakat dalam mendapatkan akta kematian melalui percepatan dan pengoptimalan. Metode
yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni menggunakan teori
dari Miles, Huberman (2014) yakni teknis analisis data interaktif. Hasil penelitian menunjukan
bahwa kualitas pelayanan administrasi kependudukan program Bela Sungkawa Kirim Akta
Kematian (BESUK KIAMAT) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surakarta sudah
baik, dengan indikator tangible terkait sarana dan prasarana yang cukup baik, pegawai dapat
dihandalkan (reliability) dalam melayani masyarakat sebagai pengguna, pegawai merespon
(responsiviness) segala keluhan dari masyarakat, pegawai memberikan jaminan (assurance)
ketepatan waktu sesuai dengan SOP, dan petugas mempunyai sifat empathy terhadap
masyarakat. Walaupun kualitas pelayanan yang diberikan sudah dapat dikatakan baik, tetapi
ada beberapa hal yang harus ditingkatkan lagi agar Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
Kota Surakarta bisa meningkatkan lagi kualitas yang diberikan kepada pengguna layanan,
seperti perlu adanya perbaikan dalam hal sarana dan prasarana, daya tanggap dan ketepatan
waktu.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Administrasi Kependudukan, Program BESUK KIAMAT