Pengaruh Kredibilitas Beauty Influencer Dan Terpaan Tayangan Review Product Terhadap Minat Beli Product Kecantikan

Pengaruh Kredibilitas Beauty Influencer Dan Terpaan Tayangan Review Product Terhadap Minat Beli Product Kecantikan

Penulis

  • Astrid Feliesa Putri Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) Surakarta
  • Maya Sekar Wangi
  • Herning Suryo S

Abstrak

ABSTRAK

 

Platform sosial media khususnya YouTube menciptakan beragam profesi baru seperti Influencer. Influencer dianggap mampu memberikan pengaruh besar bagi audience-nya. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Slamet Riyadi sebagai objek penelitian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kredibilitas beauty influencer dan terpaan review product terhadap minat beli produk kecantikan pada akun YouTube channel Tasya Farasya. Teori yang digunakan dari Hovland, Janis Kelley (1953), yaitu seseorang dimungkinkan lebih mudah untuk dipersuasi jika sumber-sumber persuasinya cukup kredibel. Kredibilitas sumber (source) pada sosial media berhubungan langsung dengan sikap viewers dalam menerima informasi. Ketika seorang viewers merasa seorang beauty influencer dalam mengulas sebuah produk dianggap kredibel, akan terbentuk sikap positif pada produk yang diulas yang nantinya akan memunculkan minat beli produk. Penelitian menggunakan metode kuantitatif eksplanatif, dengan teknik pengumpulan data survei, populasi dalam penelitian ialah mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta, dengan sampel para mahasiswi yang pernah menyaksikan konten review product kecantikan pada akun YouTube Tasya Farasya dengan kriteria perempuan berusia 17-26 tahun. Teknik sampling yang digunakan ialah simple random sampling. Jumlah responden dalam penelitian sebanyak 100 orang. Pengujian analisis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kredibilitas beauty influncer berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli produk kecantikan sebesar 3,960 (>1,985) dengan Sig. 0,000, begitu pula terpaan review product berpengaruh secara signifikan pada minat beli produk kecantikan sebesar 8,508 (>1,985) dengan Sig. 0,000. Secara simultan pengaruh kredibilitas beauty influencer dan terpaan review product kecantikan terhadap minat beli produk sebesar 126,213 dengan Sig. sebesar 0,000 (<0,05) dan persentase sebesar 85%

Kata kunci : YouTube, Kredibilitas, Review Product, Minat Beli, YouTube Tasya Farasya

Diterbitkan

2023-12-11

Cara Mengutip

Feliesa Putri, A., Wangi, M. S., & Suryo S, H. (2023). Pengaruh Kredibilitas Beauty Influencer Dan Terpaan Tayangan Review Product Terhadap Minat Beli Product Kecantikan: Pengaruh Kredibilitas Beauty Influencer Dan Terpaan Tayangan Review Product Terhadap Minat Beli Product Kecantikan. Solidaritas, 7(1). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/8799

Terbitan

Bagian

Solidaritas: Volume 2 No 3