Pengaruh Kredibilitas Beauty Influencer Dan Terpaan Tayangan Review Product Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan

Pengaruh Kredibilitas Beauty Influencer Dan Terpaan Tayangan Review Product Terhadap Minat Beli Product Kecantikan

Authors

  • Astrid Feliesa Putri Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) Surakarta
  • Maya Sekar Wangi
  • Herning Suryo S

Abstract

Platform sosial media khususnya YouTube menciptakan beragam profesi baru seperti
Influencer. Influencer dianggap mampu memberikan pengaruh besar bagi audience-nya.
Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Slamet Riyadi sebagai objek
penelitian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kredibilitas beauty
influencer dan terpaan review product terhadap minat beli produk kecantikan pada akun
YouTube channel Tasya Farasya. Teori yang digunakan dari Hovland, Janis Kelley (1953),
yaitu seseorang dimungkinkan lebih mudah untuk dipersuasi jika sumber-sumber
persuasinya cukup kredibel. Kredibilitas sumber (source) pada sosial media
berhubungan langsung dengan sikap viewers dalam menerima informasi. Ketika seorang
viewers merasa seorang beauty influencer dalam mengulas sebuah produk dianggap
kredibel, akan terbentuk sikap positif pada produk yang diulas yang nantinya akan
memunculkan minat beli produk. Penelitian menggunakan metode kuantitatif
eksplanatif, dengan teknik pengumpulan data survei, populasi dalam penelitian ialah
mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta, dengan sampel para mahasiswi yang
pernah menyaksikan konten review product kecantikan pada akun YouTube Tasya
Farasya dengan kriteria perempuan berusia 17-26 tahun. Teknik sampling yang
digunakan ialah simple random sampling. Jumlah responden dalam penelitian sebanyak
100 orang. Pengujian analisis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear
berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kredibilitas beauty influncer
berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli produk kecantikan sebesar 3,960
(>1,985) dengan Sig. 0,000, begitu pula terpaan review product berpengaruh secara
signifikan pada minat beli produk kecantikan sebesar 8,508 (>1,985) dengan Sig. 0,000.
Secara simultan pengaruh kredibilitas beauty influencer dan terpaan review product
kecantikan terhadap minat beli produk sebesar 126,213 dengan Sig. sebesar 0,000
(<0,05) dan persentase sebesar 85%
Kata kunci : YouTube, Kredibilitas, Review Product, Minat Beli, YouTube Tasya
Farasya
A

Downloads

Published

2023-12-11

How to Cite

Feliesa Putri, A., Wangi, M. S., & Suryo S, H. (2023). Pengaruh Kredibilitas Beauty Influencer Dan Terpaan Tayangan Review Product Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan: Pengaruh Kredibilitas Beauty Influencer Dan Terpaan Tayangan Review Product Terhadap Minat Beli Product Kecantikan. Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/8799

Issue

Section

Solidaritas: Volume 2 No 3