Pemanfaatan Media Sosial Instagram PMI Kota Surakarta Dalam Meningkatkan Citra Organisasi
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pemanfaatan media sosial Instagram PMI Kota Surakarta dalam meningkatkan citra organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pemanfaatan media sosial Instagram PMI Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini humas PMI dan Followers Instagram PMI sebagai informan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Analisa data yang digunakan meliputi reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi massa yang dikemukakan oleh Onong Uchjana Effendy yaitu komunikasi massa sebagai menginformasikan (To Inform), mendidik (To Educate), menghibur (To Entertain), dan Mempengaruhi (To Influence).berdasarkan sajian data dan Analisa data, dapat ditarik kesimpulan bahwa PMI Kota Surakarta dalam pemanfaatan media sosial Instagram dapat dikatakan cukup baik untuk meningkatkan citra organisasi karena Instagram PMI merupakan media yang informatif memenuhi 4 fungsi komunikasi massa yaitu komunikasi massa. Instagram PMI Kota Surakarta berperan aktif dalam menyampaikan informasi, berguna untuk menjaga hubungan baik dengan masyarakat, dan juga berguna untuk terus meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap PMI Kota Surakarta.
Kata kunci: PMI Surakarta, Sosial Media, Instagram, Citra Organisasi