Pemanfaatan Media Sosial Instagram PMI Kota Surakarta Dalam Meningkatkan Citra Organisasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pemanfaatan media sosial Instagram PMI Kota
Surakarta dalam meningkatkan citra organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa
pemanfaatan media sosial Instagram PMI Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini humas PMI dan Followers Instagram PMI
sebagai informan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Sedangkan pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Analisa
data yang digunakan meliputi reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini
menggunakan teori komunikasi massa yang dikemukakan oleh Onong Uchjana Effendy yaitu
komunikasi massa sebagai menginformasikan (To Inform), mendidik (To Educate), menghibur (To
Entertain), dan Mempengaruhi (To Influence).berdasarkan sajian data dan Analisa data, dapat
ditarik kesimpulan bahwa PMI Kota Surakarta dalam pemanfaatan media sosial Instagram dapat
dikatakan cukup baik untuk meningkatkan citra organisasi karena Instagram PMI merupakan
media yang informatif memenuhi 4 fungsi komunikasi massa yaitu komunikasi massa. Instagram
PMI Kota Surakarta berperan aktif dalam menyampaikan informasi, berguna untuk menjaga
hubungan baik dengan masyarakat, dan juga berguna untuk terus meningkatkan kepercayaan
masyarakat terhadap PMI Kota Surakarta.
Kata kunci: PMI Surakarta, Sosial Media, Instagram, Citra Organisasi