Irfan Roqhid Setyaji Penerapan Komunikasi organisasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan di PT Shabat warna gemilang surakarta
Penerapan Komunikasi organisasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan di PT Shabat warna gemilang surakarta
Abstrak
ABSTRAK
Penerapan komunikasi organisasi menjadi hal yang paling penting untuk dilakukan di PT Shabat Warna Gemilang, penerapan tersebut untuk meningkatkan kualitas pelayanan organisasi pada proses penerapan komunikasi organisasi penelitian ini menggunakan penerapan komunikasi organisasi dari Goldhaber (1986) dalam purba, amir dkk, (2006:14), Serta kualitas pelayanan menggunakan teori penelitian dari Kotler dan Keller (2016:156). Metode penelitian yang digunakan dalam peneltian ini adalah deskripktif kualitatif, yaitu menggambarkan fakta-fakta yang ada dilapangan dengan teknik wawancara mandalam dan observasi. Obyek penelitian ini adalah Penerapan komunikasi organisasi di PT shabat warna gemilang dalam meningkatkan kualitas pelayanannya. Hasil penelitian menunjukan penerapan komunikasi organisasi tujuan untuk memahami satu dengan yang lain, saling menghargai pendapat saling memahami karakter setiap individu berintropeksi diri menyatukan perbedaan perspektif ide ataupun gagasan utama didalam perusahaan PT Shabat Warna Gemilang berjalan dengan baik. Komunikasi organisasi dilakukan dengan cara face to face atau bertatap muka oleh pimpinan terhadap karyawan, maupun karyawan satu dengan yang lain, dalam penyusunan pesan yang disampaikan dalam komunikasi verbal maupun non-verbal dengan bahasa dan bicara, bentuk non verbal berupa bahasa tubuh, gesture, sentuhan, kualitas vokal dan kontak mata, dengan memecahkan suatu masalah yang dihadapi. PT Shabat Warna Gemilang harus saling memahami baik secara sikap empati, sikap saling mendukung sikap positif maupun sikap kesetaraan sehingga menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas baik dari potensi diri setiap karyawan sampai kualitas pelayanan, sehingga tujuan untuk memajukan perusahaan PT Shabat Warna Gemilang dapat tercapai.
Kata kunci : Komunikasi Organisasi, Penerapan Komunikasi Organisasi, Atasan , karyawan, Kualitas pelayanan