PENERAPAN KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI PT SHABAT WARNA GEMILANG SURAKARTA

Penerapan Komunikasi organisasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan di PT Shabat warna gemilang surakarta

Authors

  • Irfan roqhid Setyaji universitas slamet riyadi surakarta
  • Maya Sekar W
  • Nurnawati Hindra

Abstract

Penerapan komunikasi organisasi menjadi hal yang paling penting untuk
dilakukan di PT Shabat Warna Gemilang, penerapan tersebut untuk
meningkatkan kualitas pelayanan organisasi pada proses penerapan komunikasi
organisasi penelitian ini menggunakan penerapan komunikasi organisasi dari
Goldhaber (1986) dalam purba, amir dkk, (2006:14), Serta kualitas pelayanan
menggunakan teori penelitian dari Kotler dan Keller (2016:156). Metode
penelitian yang digunakan dalam peneltian ini adalah deskripktif kualitatif, yaitu
menggambarkan fakta-fakta yang ada dilapangan dengan teknik wawancara
mandalam dan observasi. Obyek penelitian ini adalah Penerapan komunikasi
organisasi di PT shabat warna gemilang dalam meningkatkan kualitas
pelayanannya. Hasil penelitian menunjukan penerapan komunikasi organisasi
tujuan untuk memahami satu dengan yang lain, saling menghargai pendapat
saling memahami karakter setiap individu berintropeksi diri menyatukan
perbedaan perspektif ide ataupun gagasan utama didalam perusahaan PT Shabat
Warna Gemilang berjalan dengan baik. Komunikasi organisasi dilakukan dengan
cara face to face atau bertatap muka oleh pimpinan terhadap karyawan, maupun
karyawan satu dengan yang lain, dalam penyusunan pesan yang disampaikan
dalam komunikasi verbal maupun non-verbal dengan bahasa dan bicara, bentuk
non verbal berupa bahasa tubuh, gesture, sentuhan, kualitas vokal dan kontak
mata, dengan memecahkan suatu masalah yang dihadapi. PT Shabat Warna
Gemilang harus saling memahami baik secara sikap empati, sikap saling
mendukung sikap positif maupun sikap kesetaraan sehingga menghasilkan
sumber daya manusia yang berkualitas baik dari potensi diri setiap karyawan
sampai kualitas pelayanan, sehingga tujuan untuk memajukan perusahaan PT
Shabat Warna Gemilang dapat tercapai.
Kata kunci : Komunikasi Organisasi, Penerapan Komunikasi Organisasi,
Atasan , karyawan, Kualitas pelayanan

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-12-11

How to Cite

Roqhid Setyaji, I., Sekar W, M., & Hindra, N. (2023). PENERAPAN KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI PT SHABAT WARNA GEMILANG SURAKARTA: Penerapan Komunikasi organisasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan di PT Shabat warna gemilang surakarta. Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/8622

Issue

Section

Solidaritas: Volume 2 No 3