STUDI IMPELEMENTASI MANAJEMEN PEMBERITAAN HARIAN BHIRAWA SURABAYA

Penulis

  • Merlinda Dwi Kristiana Mahasiswa magang mbkm

Abstrak

Berita berasal dari realitas sosial yang terjadi dan menjadi suatu kebutuhan informasi yang tidak lepas dar kehidupan manusia, apalagi pada zaman sekarang membuat kebutuhan akan informasi sebagai faktor utama dalam mengetahui segala sesuatu yang sedang terjadi, terutama yang berhubungan dengan sesuatu yang dekat dengannya. pembuatan berita berisikan gagasan 5W + 1 H (What, Where, When, Who, Why, How). Sama seperti halnya dengan Harian Bhirawa Suravaya merupakan kantor berita yang bergerak di bidang birokrasi. Dalam penelitian ini penulis merumuskan masalah yakni “Studi Implementasi Manajemen Pemberitaan di Harian Bhirawa Surabayaâ€. Tujuandari penelitian yang dilakukan ini untuk mengetahui strategi seluruh wartawan dalam melakukan pembuatan berita dari proses peliputan berita hingga publikasi berita di Harian Bhirawa Surabaya. Penulis melakukan observasi secara langsung di Harian Bhirawa Surabaya, serta mendokumentasikan hal – hal penting di Lembaga tersebut. Hasil dari obesrvasi menunjukan bahwa para wartawan memiliki strategi manajemen dalam mempertahankan eksistensinya, seperti melakukan peliputan berita selarsa dengan bidang birokrat. Serta melakukan perencanaan, evaluasi, serta pelaksanaan kepada para wartawan.

 

Kata kunci: Berita, Wartawan, Harian Bhirawa Surabaya, Birokrasi .

 

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-11

Cara Mengutip

Dwi Kristiana, M. (2025). STUDI IMPELEMENTASI MANAJEMEN PEMBERITAAN HARIAN BHIRAWA SURABAYA. Solidaritas, 9(1). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/8504

Terbitan

Bagian

Artikel