_ STRATEGI KOMUNIKASI KEPEMIMPINAN PT.TELKOM WITEL SOLO DALAM PENGIMPLEMENTASIAN CORE VALUE "AKHLAK" UNTUK MEMBANGUN MOTIVASI KINERJA

STRATEGI KOMUNIKASI KEPEMIMPINAN

Penulis

  • Agnes Berlian Dewi Kurniasari Mahasiswa Ilmu Komunikasi
  • Maya Sekar Wangi
  • Haryo Kusumo Aji
  • Herning Suryo

Abstrak

ABSTRAK

Perusahaan membutuhkan sumber daya manusia dengan kualitas kinerja yang berperan untuk mendukung keberhasilan perusahaan yang membuat visi misi di lingkungan perusahaan tercapai. Hal ini membutuhkan seseorang yang diberi kepercayaan dan memiliki kemampuan lebih untuk mengatur anggotanya yang disebut pemimpin. Pemimpin menjadi faktor untuk menentukan produktifitas kinerja karyawannya. Hal ini karena strategi komunikasi yang dilakukan oleh pemimpin yang mampu memotivasi karyawan pada kualitas kinerjanya. Dalam pengimplemetasianya seorang pemimpin di PT.Telkom Witel Solo memiliki strateginya sendiri agar seluruh anggota dapat menerapkan nilai-nilai AKHLAK di lingkungan perusahaan dalam aktivitas sehari-hari untuk meningkatkan motivasi kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi Komunikasi Kepemimpinan di PT. Telkom Witel Solo Dalam Pengimplementasian core value AKHLAK yang merupakan akronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif di PT.Telkom Witel Solo Untuk Membangun Motivasi Kinerja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan Teori Kepemimpinan situasional Harsey & Blanchard yang membagi 4 gaya yaitu Gaya Kepemimpinan Memberitahu, Gaya Kepemimpinan Menjual, Gaya Kepemimpinan Partisipasi, dan Gaya Kepemimpinan Delegasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat Strategi komunikasi yang dilakukan pemimpin PT.Telkom Witel Solo dalam pengimplementasian core value AKHLAK untuk memotivasi kinerja anggotanya, terdapat strategi dalam berkomunikasi pada kepemimpinan PT.Telkom Witel Solo dengan menerapkan Teori Kepemimpinan Situasional oleh Harsey & Blanchard. Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa dengan mengimplementasikan core value AKHLAK kinerja perusahaan akan lebih mudah untuk mencapai target-target yang dikerjakan karyawan sehingga hal ini menunjukkan adanya Motivasi kinerja anggota perusahaan dengan pengimplementasian core value AKHLAK. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti adalah Pemimpin dan seluruh anggota perusahaan mampu memiliki strategi berkomunikasinya dalam menjalin kerjasama untuk mencapai visi misi perusahaan dalam mengimplementasikan core value AKHLAK dalam kehidupan sehari-hari dilingkungan perusahaan.

Kata Kunci : Strategi Komunikasi Kepemimpinan, Core value AKHLAK, Motivasi kinerja.

 

 

 

 

 

 

Diterbitkan

2023-12-11

Cara Mengutip

Dewi Kurniasari, A. B., Wangi, . M. S., Aji, H. K., & Suryo, H. (2023). _ STRATEGI KOMUNIKASI KEPEMIMPINAN PT.TELKOM WITEL SOLO DALAM PENGIMPLEMENTASIAN CORE VALUE "AKHLAK" UNTUK MEMBANGUN MOTIVASI KINERJA: STRATEGI KOMUNIKASI KEPEMIMPINAN. Solidaritas, 7(1). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/8486

Terbitan

Bagian

Solidaritas Vol 1