STRATEGI KOMUNIKASI DISKOMINFO KARANGANYAR DALAM MEMBERIKAN INFORMASI COVID-19 MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM KEPADA MASYARAKAT
Abstract
Dinas Komunikasi dan Informatika Karanganyar berfokus kepada masyarakat dalam
memberikan edukasi mengenai protokol kesehatan hingga cara menanggulangi hal ini
dilakukan karena masyarakat yaitu anak muda lebih cenderung menggunakan Instagram dalam
mengakses media sosial. Sehingga mendapatkan informasi dan pemahaman yang pasti
mengenai hal tersebut, perlu adanya edukasi secara langsung pada anak muda di masa pandemi
Covid-19 saat ini, penyebaran covid-19 membuat masyarakat khawatir sehingga hal ini
membutuhkan strategi komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Karanganyar untuk
memberikan informasi yang valid, sehingga masyarakat bersedia untuk divaksinasi serta dapat
mengerti bagaimana menangulangi covid-19 dan bagaimana masyarakat dapat mematuhi
protokol kesehatan. Bagaimana strategi komunikasi Diskominfo karanganyar memberikan
informasi Covid-19 kepada masyarakat melalui Instagram. Penelitian bertujuan untuk
menganalisis Strategi Komunikasi Diskominfo Karanganyar dalam memberikan informasi
kepada masyarakat Karanganyar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan
pendekatan kualitatif penarikan informan dilakukan secara purposive sampling. Pengumpulan
data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil kajian
mengungkapkan Strategi Komunikasi Diskominfo Karanganyar dalam memberikan informasi
kepada masyarakat Karanganyar cukuplengkap, jelas, ringkas, dan valid. Namun, pada saat itu
terjadi kurangnya pemerataan vaksin Covid-19. Maka dari itu Dinas komunikasi dan
Informatika Karanganyar harus memberikan edukasi mengajak masyarakat untuk vaksin
Covid-19 serta memberikan bantuan kelancaran terhadap kelangkaan masker.
Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Covid-19, Instagram