Communication Strategy, Covid-19 STRATEGI KOMUNIKASI DISKOMINFO KARANGANYAR DALAM MEMBERIKAN INFORMASI COVID-19 MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM KEPADA MASYARAKAT
Abstrak
ABSTRAK
Dinas Komunikasi dan Informatika Karanganyar berfokus kepada masyarakat dalam memberikan edukasi mengenai protokol kesehatan hingga cara menanggulangi hal ini dilakukan karena masyarakat yaitu anak muda lebih cenderung menggunakan Instagram dalam mengakses media sosial. Sehingga mendapatkan informasi dan pemahaman yang pasti mengenai hal tersebut, perlu adanya edukasi secara langsung pada anak muda di masa pandemi Covid-19 saat ini, penyebaran covid-19 membuat masyarakat khawatir sehingga hal ini membutuhkan strategi komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Karanganyar untuk memberikan informasi yang valid, sehingga masyarakat bersedia untuk divaksinasi serta dapat mengerti bagaimana menangulangi covid-19 dan bagaimana masyarakat dapat mematuhi protokol kesehatan. Bagaimana strategi komunikasi Diskominfo karanganyar memberikan informasi Covid-19 kepada masyarakat melalui Instagram. Penelitian bertujuan untuk menganalisis Strategi Komunikasi Diskominfo Karanganyar dalam memberikan informasi kepada masyarakat Karanganyar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif penarikan informan dilakukan secara purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil kajian mengungkapkan Strategi Komunikasi Diskominfo Karanganyar dalam memberikan informasi kepada masyarakat Karanganyar cukup lengkap, jelas, ringkas, dan valid. Namun, pada saat itu terjadi kurangnya pemerataan vaksin Covid-19. Maka dari itu Dinas komunikasi dan Informatika Karanganyar harus memberikan edukasi mengajak masyarakat untuk vaksin Covid-19 serta memberikan bantuan kelancaran terhadap kelangkaan masker.
Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Covid-19, Instagram