Pesan Moral Dalam Iklan Audio Visual Peluk Di Youtube
(Kajian Semiotika Roland Barthes Dalam Iklan Blibli.com Edisi Hari Ibu)
Abstract
Iklan merupakan proses komunikasi massa yang berfungsi sebagai media promosi suatu
produk, merek, atau layanan kepada masyarakat. Iklan memiliki tujuan untuk mempersuasi dan
mendorong khalayak untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa yang di produksi oleh
pengiklan. Selain harus memiliki kriteria AIDCA, iklan juga harus memiliki strategi kreatif
untuk menarik minat khalayak. Namun dewasa ini terdapat banyak pembuat iklan yang
menyalah artikan sebuah kreativitas, banyak iklan yang berisikan konten nyeleneh hanya demi
menarik perhatian publik sehingga mengabaikan etika dan pesan moral yang harusnya ada
dalam tayangan sebuah iklan. Beragam cerita yang disajikan dalam tayangan iklan terkadang
dapat menimbulkan multiperspektif dari khalayak yang menyaksikan. Penelitian ini berjudul
“Pesan Moral Dalam Iklan Audio Visual Peluk Di Youtube (Kajian Semiotika Roland Barthes
Dalam Iklan Blibli.com Edisi Hari Ibu)â€. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pesan
moral yang terkandung dalam iklan Blibli.com edisi hari ibu yang ditayangkan di Youtube.
Untuk mengungkap permasalahan tersebut secara menyeluruh dan lebih mendalam, penelitian
ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan analisis semiotika Roland Barthes
untuk memaknai penanda dan pertanda secara denotasi, konotasi, dan mitos. Melalui analisis
yang telah dilakukan menggunakan semiotika Roland Barthes, peneliti dapat mengetahui
makna dari tanda-tanda yang terdapat dalam iklan Blibli.com edisi hari ibu, yaitu
menggambarkan ketulusan yang ditunjukkan sosok ibu terhadap anaknya dan juga ketulusan
layanan dari Blibli.com yang menjual barang original dengan pengiriman cepat sampai.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat beberapa pesan moral yang disampaikan melalui
iklan tersebut seperti mendengarkan nasihat orang tua, menyelesaikan permasalahan dengan
komunikasi yang adem, keluarga tempat untuk berbagi, dan meminta maaf setelah melakukan
kesalahan.
Kata Kunci : Pesan Moral, Iklan, Semiotika Roland Barthes