Pesan Moral Dalam Iklan Audio Visual Peluk Di Youtube (Kajian Semiotika Roland Barthes Dalam Iklan Blibli.com Edisi Hari Ibu)
Pesan Moral Dalam Iklan Audio Visual Peluk Di Youtube (Kajian Semiotika Roland Barthes Dalam Iklan Blibli.com Edisi Hari Ibu)
Abstrak
Iklan merupakan proses komunikasi massa yang berfungsi sebagai media promosi suatu produk, merek, atau layanan kepada masyarakat. Iklan memiliki tujuan untuk mempersuasi dan mendorong khalayak untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa yang di produksi oleh pengiklan. Selain harus memiliki kriteria AIDCA, iklan juga harus memiliki strategi kreatif untuk menarik minat khalayak. Namun dewasa ini terdapat banyak pembuat iklan yang menyalah artikan sebuah kreativitas, banyak iklan yang berisikan konten nyeleneh hanya demi menarik perhatian publik sehingga mengabaikan etika dan pesan moral yang harusnya ada dalam tayangan sebuah iklan. Beragam cerita yang disajikan dalam tayangan iklan terkadang dapat menimbulkan multiperspektif dari khalayak yang menyaksikan. Penelitian ini berjudul “Pesan Moral Dalam Iklan Audio Visual Peluk Di Youtube (Kajian Semiotika Roland Barthes Dalam Iklan Blibli.com Edisi Hari Ibu)â€. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pesan moral yang terkandung dalam iklan Blibli.com edisi hari ibu yang ditayangkan di Youtube. Untuk mengungkap permasalahan tersebut secara menyeluruh dan lebih mendalam, penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan analisis semiotika Roland Barthes untuk memaknai penanda dan pertanda secara denotasi, konotasi, dan mitos. Melalui analisis yang telah dilakukan menggunakan semiotika Roland Barthes, peneliti dapat mengetahui makna dari tanda-tanda yang terdapat dalam iklan Blibli.com edisi hari ibu, yaitu menggambarkan ketulusan yang ditunjukkan sosok ibu terhadap anaknya dan juga ketulusan layanan dari Blibli.com yang menjual barang original dengan pengiriman cepat sampai. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat beberapa pesan moral yang disampaikan melalui iklan tersebut seperti mendengarkan nasihat orang tua, menyelesaikan permasalahan dengan komunikasi yang adem, keluarga tempat untuk berbagi, dan meminta maaf setelah melakukan kesalahan.
Kata Kunci : Pesan Moral, Iklan, Semiotika Roland Barthes