ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN GOPAY PADA EDISI SI JULID NETTY ZEN (NETIZEN)

analisis semiotika iklan gopay pada edisi si julid netty zen (netizen)

Authors

  • Nita Yuliyanti universitas slamet riyadi surakarta
  • Nurnawati Hindra
  • Buddy Riyanto

Abstract

GoJek memiliki banyak produk seperti GoClean, Gopay, Gosend, dll dalam bidang
teknologi, cara mengiklan produknya pun berbeda – beda tetapi ada satu kesamaan dalam alur
ceritanya yaitu selalu mengangkat cerita yang dekat dengan perilaku masyarakat atau pun yang
sedang marak diperbincangkan.Iklan GoPay pada edisi”Si Julid Netty Zen (Netizen)” mencoba
memberikan suatu bentuk iklan yang dikemas unik dan berbeda dengan iklan produk GoJek
biasanya. Iklan GoPay pada edisi”Si Julid Netty Zen (Netizen)”ini memberikan tayangan iklan
yang berisi pesan – pesan moral kepada khalayak, iklan ini juga tidak langsung memberikan
informasi kepada khalayak mengenai penggunaan maupun informasi promo -promo pada aplikasi
GoPay. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna konotasi, denotasi, dan mitos dalam iklan
GoPay yang berdurasi 04:52 menit. Pada konteks semiotika, arti tanda – tanda yang terdapat pada
tampilan iklan akan dikaji lebih dalam melalui pendekatan semiotika yang dikemukakan oleh
Roland Barthes. Hasil penelitian menunjukan bahwa makna konotasi,denotasi dan mitos dalam
Iklan GoPay pada edisi”Si Julid Netty Zen (Netizen)” ditandai dari beberapa adegan dalam iklan
yang ada dalam ilan seperti adegan saat Netty julid di sosial media, pasar, tempat makan dimana
semua itu dilakukan secara sengaja yang memunculkan pesan moral dalam setiap perilakunya.
Pesan dalam Iklan GoPay pada edisi”Si Julid Netty Zen (Netizen)” : terdapat beberapa sifat -sifat
pesan yang terdapat dalam iklan tersebut yakni, pesan edukatif, pesan persuasive, pesan informatif,
dan pesan hiburan.
Kata kunci : GoPay, Julid ,Semiotika

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-12-11

How to Cite

Yuliyanti, N., Hindra, N., & Riyanto, B. (2023). ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN GOPAY PADA EDISI SI JULID NETTY ZEN (NETIZEN): analisis semiotika iklan gopay pada edisi si julid netty zen (netizen). Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/8223

Issue

Section

Solidaritas: Volume 2 No 3