STRATEGI PUBLIC RELATIONS PT. POS INDONESIA DALAM MENINGKATKAN REPUTASI PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Public Relations PT. Pos Indonesia di Surakarta)

STRATEGI PUBLIC RELATIONS

Penulis

  • Margareta Ruwita Diyansari Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Herning Suryo Sardjono
  • Haryo Kusumo Aji

Abstrak

  1. Pos Indonesia Surakarta dalam menjalankan usahanya di bidang perposan dan jasa keuangan perlu menerapkan strategi bidang humas, dengan tujuan untuk meningkatkan reputasi perusahaan. Strategi yang dapat diterapkan oleh PT. Pos Indonesia Surakarta adalah melaksanakan Corporate Social Responsibilityyang telah ditetapkan oleh PT. Kantor Pos Indonesia pusat, untuk selanjutnya diimplementasikan oleh masing-masing kantor cabang di seluruh Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi Public Relations (Humas) PT.Pos Indonesia di Surakarta dalam meningkatkan reputasi perusahaan. Peneliti dalam menganalisis penggunaan strategi Public Relations (Humas) PT.Pos Indonesia di Surakarta dalam meningkatkan Reputasi perusahaan menggunakan teori Cutlip dan Center yang terdiri dari fact finding, planning, action and communication, serta evaluasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif. Berdasarkan hasil dari penelitian diperoleh kesimpulan bahwa strategi public relations PT. Pos Indonesia di Surakarta dalam meningkatkan reputasi perusahaan dilakukan melalui program corporate social responsibility yang dilaksanakan oleh humas PT. Pos Indonesia Surakarta yaitu program kemitraan bina lingkungan, bantuan sosial tunai, pembagian takjil bulan Ramadhan, wisata pos, hadiah umroh untuk pelanggan wetern union, dan bantuan peduli penanganan covid-19. Proses pelaksanaan program kerja kehumasan yang digunakan adalah fact finding, planning, action and communication, serta evaluasi. Keempat kegiatan tersebut dilakukan guna mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat kegiatan humas dalam meningkatkan reputasi PT. Pos Indonesia Surakarta melalui program Corporate Social Responsibility. Faktor pendukung kegiatan humas meliputi dukungan dari masyarakat atau publik, kesadaran masyarakat akan edukasi dalam suatu event / kegiatan yang di selenggarakan PT. Pos Indoensia Surakarta, serta media penyebaran informasi atau promosi yang memadai. Ketiga faktor pendukung tersebut merupakan kunci kesuksesan pelaksanaan kegiatan CSR yang dilakukan oleh Humas Pos Indonesia Surakarta. Sedangkan faktor penghambat kegiatan humas dalam melaksanakan CSR, meliputi pola pikir masyarakat yang masih awam terhadap PT. Pos Indonesia Surakarta, kurangnya manajemen waktu dalam melaksanakan event / kegiatan, pendistribusian bantuan CSR yang belum merata.

Kata Kunci: Strategi Public Relations, reputasi perusahaan

 

Diterbitkan

2023-12-11

Cara Mengutip

Diyansari, M. R., Sardjono, H. S., & Aji, H. K. (2023). STRATEGI PUBLIC RELATIONS PT. POS INDONESIA DALAM MENINGKATKAN REPUTASI PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Public Relations PT. Pos Indonesia di Surakarta): STRATEGI PUBLIC RELATIONS. Solidaritas, 7(1). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/8186

Terbitan

Bagian

Solidaritas: Volume 2 No 3