STRATEGI PUBLIC RELATIONS PT. POS INDONESIA DALAM MENINGKATKAN REPUTASI PERUSAHAAN

(Studi Kasus pada Public Relations PT. Pos Indonesia di Surakarta)

Authors

  • Margareta Ruwita Diyansari Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Herning Suryo Sardjono
  • Haryo Kusumo Aji

Abstract

PT. Pos Indonesia Surakarta dalam menjalankan usahanya di bidang perposan
dan jasa keuangan perlu menerapkan strategi bidang humas, dengan tujuan untuk
meningkatkan reputasi perusahaan. Strategi yang dapat diterapkan oleh PT. Pos
Indonesia Surakarta adalah melaksanakan Corporate Social Responsibility yang telah
ditetapkan oleh PT. Kantor Pos Indonesia pusat, untuk selanjutnya
diimplementasikan oleh masing-masing kantor cabang di seluruh Indonesia. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui strategi Public Relations (Humas) PT.Pos Indonesia
di Surakarta dalam meningkatkan reputasi perusahaan. Peneliti dalam menganalisis
penggunaan strategi Public Relations (Humas) PT.Pos Indonesia di Surakarta dalam
meningkatkan Reputasi perusahaan menggunakan teori Cutlip dan Center yang
terdiri dari fact finding, planning, action and communication, serta evaluasi. Jenis
penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, teknik penentuan informan
menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan
wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi.
Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif. Berdasarkan hasil dari
penelitian diperoleh kesimpulan bahwa strategi public relations PT. Pos Indonesia di
Surakarta dalam meningkatkan reputasi perusahaan dilakukan melalui program
corporate social responsibility yang dilaksanakan oleh humas PT. Pos Indonesia
Surakarta yaitu program kemitraan bina lingkungan, bantuan sosial tunai, pembagian
takjil bulan Ramadhan, wisata pos, hadiah umroh untuk pelanggan wetern union, dan
bantuan peduli penanganan covid-19. Proses pelaksanaan program kerja kehumasan
yang digunakan adalah fact finding, planning, action and communication, serta
evaluasi. Keempat kegiatan tersebut dilakukan guna mengetahui faktor pendukung
dan faktor penghambat kegiatan humas dalam meningkatkan reputasi PT. Pos
Indonesia Surakarta melalui program Corporate Social Responsibility. Faktor
pendukung kegiatan humas meliputi dukungan dari masyarakat atau publik,
kesadaran masyarakat akan edukasi dalam suatu event / kegiatan yang di
selenggarakan PT. Pos Indoensia Surakarta, serta media penyebaran informasi atau
promosi yang memadai. Ketiga faktor pendukung tersebut merupakan kunci
kesuksesan pelaksanaan kegiatan CSR yang dilakukan oleh Humas Pos Indonesia
Surakarta. Sedangkan faktor penghambat kegiatan humas dalam melaksanakan CSR,
meliputi pola pikir masyarakat yang masih awam terhadap PT. Pos Indonesia
Surakarta, kurangnya manajemen waktu dalam melaksanakan event / kegiatan,
pendistribusian bantuan CSR yang belum merata.
Kata Kunci: Strategi Public Relations, reputasi perusahaan

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-12-11

How to Cite

Diyansari, M. R., Sardjono, H. S., & Aji, H. K. (2023). STRATEGI PUBLIC RELATIONS PT. POS INDONESIA DALAM MENINGKATKAN REPUTASI PERUSAHAAN: (Studi Kasus pada Public Relations PT. Pos Indonesia di Surakarta). Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/8186

Issue

Section

Solidaritas: Volume 2 No 3