KINERJA BIDANG PARKIR DINAS PERHUBUNGAN KOTA YOGYAKARTA
(Studi Kasus Parkir Liar Selama Pandemi COVID - 19 Pada Bidang parkir )
Abstract
Pemeliharaan kawasan perparkiran merupakan program dan kegiatan yang
dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta khususnya dibidang parkir,
kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sarana perparkiran dalam
kondisi baik di kota Yogyakarta. Adanya kondisi area parkir yang baik dapat
mendukung dan memudahkan masyarakat dalam melakukan aktivitas. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kinerja Dinas Perhubungan Kota
Yogyakarta selama masa Covid-19 dalam menjaga kawasan perparkiran khususnya
pada Bidang Parkir.
Kinerja adalah pencapaian suatu hasil kerja sesuai dengan Visi dan Misi suatu
tujuan yang telah ditetapkan. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan tujuan umum
dari instansi maupun organisasi serta dilaksanakan dalam kurun waktu tertentu.
Penelitian ini menggunakan teori Agus dwiyanto (2006:50) yang terdiri dari 5
indikator yaitu Produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas dan
Akuntabilitas Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik
pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara mendalam. Informan dalam
penelitian ini terdiri dari Kepala Bidang Parkir, kepala Seksi pembinaan dan
pengawasan parkir, kepala seksi perizinan dan retribusi parkir serta beberapa juru
parkir kota Yogyakarta. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kinerja Dinas Perhubungan kota
Yogyakarta dalam pemeliharaan kawasan perparkiran khususnya bidang parkir
sudah baik, produktivitas dalam capaian tujuan serta efektif dan efisien dalam
alokasi dana sudah baik, kualitas layanan dilakukan dengan baik dan sesuai dengan
harapan juru parkir resmi, begitu juga responsivitas sudah menyediakan media
yang bisa digunakan untuk menyampaikan aspirasi. Namun untuk indikator
responsibilitas dan akuntabilitas belum dilakukan dengan optimal, dilihat dari
informasi yang belum tersampaikan kepada juru parkir resmi dan transparansi
belum sesuai dengan harapan juru parkir resmi. Peneliti memberikan saran supaya
lebih memberikan informasi lebih banyak dan mudah diakses kepada masyarakat
tentang pemeliharaan Kawasan perparkiran.
Kata kunci : Kinerja, parkir, Dinas Perhubungan