ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN SHOPEE DARI RUMAH DI YOUTUBE

Authors

  • RESTU JATI UNIVERSITAS SLMAET RIYADI SURAKARTA
  • Nurnawati Hindra Hastuti
  • Siswanta

Abstract

 

Fenomena Covid-19 telah menyebabkan perubahan besar pada tatanan kehidupan masyarakat terutama pada perilaku belanja masyarakat, saat ini berbagai Kebutuhan mudah didapatkan melalui  e-commerce  yang banyak bermunculan di Indonesia salah satunya adalah Shopee yang merupakan platform belanja online yang cukup dikenal di Indonesia dan banyak memunculkan iklan-iklan kreatif untuk menarik minat masyarakat salah satunya adalah Iklan Shopee edisi “Shopee dari rumah” yang ditayangkan di chanel youtube “SHOPEE Indonesia” pada tanggal 29 april 2020, membawa pesan serta menjadi problem solving di masa seperti ini. Iklan merupakan bagian krusial berdasarkan serangkaian aktivitas untuk  mempromosikan produk yang menekankan pada unsur gambaran. Iklan komersial ditandai menggunakan kondisi khayalan pada proses pencitraan dan pembentukan nilai-nilai keindahan untuk memperkuat gambaran terhadap objek iklan itu sendiri. Iklan tidak hanya sekedar menaruh berita pada khalayak akan tetapi juga ditujukan untuk mensugesti perasaan, pengetahuan, makna, kepercayaan, perilaku dan gambaran konsumen yang berkaitan dengan suatu produk atau merek. Semiotika merupakan sebuah teori pemikiran filsafat yang berurusan dengan pengkajian tanda dan segala sesuatu yang berhubungan dengan tanda, seperti tanda dan sistem tanda dan proses yang berlaku bagi penggunaan tanda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari “Tanda dan makna” yang digunakan dalam iklan Shopee edisi “Shopee dari rumah” yang tayang di youtube dalam merepresentasikan sebuah kotak dengan menggunakan pendekatan Semiotika Roland Barthe. Metode analisis milik Roland Barthes sengaja dipilih peneliti karena dianggap cukup komprehensif dalam membedah makna didalamnya iklan yang ingin diteliti dalam penelitian ini. Jenis analisis yang digunakan adalah tipe deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian adalah iklan shopee dengan judul ”shopee dari rumah”, Sedangkan objek pada penelitian ini merupakan gambar, obrolan, gestur dan setting dari video iklan tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Shopee meggunakan kotak dengan logo Shopee yang melakukan perjalanan sebagai bentuk represetasi dari kesiapan Shopee sebagai alternatif menyambung silaturohmi dengan kerabat tanpa harus saling berkunjung, yaitu dengan memberikan bingkisan yang dipesan dari layanan Shopee.

PlumX Metrics

Published

2023-01-25

How to Cite

Restu Jati, Nurnawati Hindra Hastuti, & Siswanta. (2023). ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN SHOPEE DARI RUMAH DI YOUTUBE. Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/8086

Issue

Section

Solidaritas: Volume 2 No 3