Pengaruh Iklan dan Promosi Penjualan Terhadap Brand Equity

Survei pada Konsumen Angkringan Disini Aja Karanganyar

Authors

  • Faletehan Sekti Universitas Slamet Riyadi
  • Nurnawati Hindra H
  • Andri Astuti

Abstract

UMKM yang bergak di bidang kulienr menyadari bahwa untuk menunjang efektivitas dan efisiensi komunikasi dengan konsumen atau stakeholder lain maka perlu mengganti pemasaran tradisional dengan Integrated Marketing Com­munication (IMC). UMKM perlu menerapkan berbagai langkah yang kreatif dalam memasarkan produknya dengan berusaha membuat strategi terbaik dengan cara iklan melalui media sosial agar dapat bersaing secara global. Media sosial dapat digunakan perusahaan sebagai sarana komunikasi antara orang, konsumen dan organisasi yang saling berkaitan dan saling tergantung yang didukung dengan kemampuan teknologi dan mobilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan dan promosi penjualan terhadap brand equity Angkringan Disiniaja Karanganyar. 

Penelitian ini dilandasi dari teori komunikasi pemasaran.  Komunikasi pemasaran dapat didefinisikan sebagai kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh pembeli dan penjual dan merupakan kegiatan yang membantu dalam pengambilan keputusan dalam bidang pemasaran serta mengarahkan pertukaran agar lebih memuaskan dengan cara menyadarkan semua pihak untuk berbuat lebih baik Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanotori. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Angkringan Disiniaja Karanganyar. Sampel sebanyak 100 orang dengan teknik aksidental sampling Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan berpengaruh signifikan terhadap brand equity Angkringan Disiniaja Karanganyar dengan p value  0,000 < 0,05. Promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap brand equity Angkringan Disiniaja Karanganyar dengan p value  0,000 < 0,05. Iklan dan promosi penjualan berpengaruh secara bersama-sama terhadap brand equity Angkringan Disiniaja Karanganyar dengan p value  0,000 < 0,05.

PlumX Metrics

Published

2023-01-25

How to Cite

Sekti, F., Nurnawati Hindra H, & Andri Astuti. (2023). Pengaruh Iklan dan Promosi Penjualan Terhadap Brand Equity: Survei pada Konsumen Angkringan Disini Aja Karanganyar. Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/8019