Transparansi Informasi Publik Di Desa Sendang Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri

Authors

  • Yuniar Putri Syafi'i Unisri
  • Winarti
  • Joko Suranto

Abstract

Abstrak

Desa Sendang Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri telah mendapatkan penghargaan terbaik pertama dalam Anugerah apresiasi implementasi Keterbukaan Informasi Publik. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang transparansi informasi publik di Desa Sendang Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri. Berdasarkan judul yang disajikan diatas maka dapat dilihat permasalahannya yaitu bagaimana transparansi informasi yang ada di desa Sendang Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri.

Indikator transparansi yang digunakan terdiri dari Mengukur tingkat keterbukaan proses penyelenggaraan pelayanan publik, Kemudahan peraturan dan prosedur pelayanan, Kemudahan untuk memperoleh informasi. Pendekatan kualitatif dengan analisis data kualitatif dengan menggunakan model miles, Huberman, dan saldana yaitu dengan cara (1) Pengumpulan Data, (2) Kondensasi Data, (3) Penyajian Data, dan (4) Penarikan Kesimpulan dan menggunakan metode observasi, wawancara, dan Dokumentasi.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan peneliti yaitu dapat disimpulkan bahwa Transparansi Informasi Publik di desa Sendang Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri sudah baik. Segala informasi disampaikan kepada masyarakat maupun stakeholder melalui media online dan offline sehingga informasi dapat dengan mudah diakses oleh pengguna yang membutuhkan informasi terkait desa Sendang Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri.

Kata Kunci : Transparansi, Informasi Publik, Desa Sendang

PlumX Metrics

Published

2023-01-25

How to Cite

Putri Syafi’i, Y., Winarti, & Joko Suranto. (2023). Transparansi Informasi Publik Di Desa Sendang Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri. Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/7991

Issue

Section

Solidaritas: Volume 2 No 3