HUBUNGAN IKLAN POLITIK MELALUI MEDIA BALIHO TERHADAP MINAT MEMILIH MASYARAKAT KELURAHAN NUSUKAN PADA PILKADA SURAKARTA 2020

Authors

  • diki nugroho UNIVERSITAS SLAMET RIYADI SURAKARTA
  • Herning Suryo
  • Siswanto

Abstract

Pemilihan kepala daerah atau Pilkada merupakan bentuk partisipasi politik guna memilih calon pemilihan kepala daerah yang mencalonkan diri untuk menjadi walikota dan wakil walikota. Pengaruh baliho terhadap minat memilih masyarakat sangat tinggi. Baliho sangat membantu pasangan calon walikota dalam berpromosi menyampaikan visi dan misinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dari iklan politik melalui media baliho terhadap minat memilih masyarakat kelurahan Nusukan pada pilkada Surakarta 2020.Jenis penelitian ini adalah menggunakan penelitian eksplanasi yang merupakan penjelasan pengaruh satu variabel dengan variabel yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara iklan politik melalui media baliho terhadap minat memilih masyarakat. Jumlah sampel keseluruhan dalam penelitian ini sebanyak 54 responden, Dalam pengambilan sampel dengan teknik Probability sampling menggunakan cara pengambilan sampel dengan Random Sampling.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan nilai signifikan sebesar 0,005 < 0,05 maka, H0 ditolak dan H2 diterima. Terdapat hubungan pengaruh positif signifikasi iklan politik media baliho terhadap minat memilih masyarakat pada pilkada Surakarta 2020 (p-value 0,005< 0,05. Dan nilai t hitung (2,905) > t tabel ( 1,67356). Berdasarkan hasil dari R square adalah sebesar 0,140 atau sebesar 14,0%. Ini berarti bahwa 14,0% variasi variabel independen dapat menjelaskan variabel dependen yaitu iklan politik media baliho. Sedangkan 86,0% sisanya dijelaskan oleh faktor-faktor lain diluar model penelitian. Hasil uji koefesien determinasi tersebut memberi makna,bahwa masih terdapat variabel independen lain yang mempengaruhi minat memilih masyarkat kelurahan Nusukan pada pilkada Surakarta 2020.
Kata kunci : Iklan politik, pilkada, baliho, minat memilih

PlumX Metrics

Published

2023-01-25

How to Cite

Nugroho, D., Herning Suryo, & Siswanto. (2023). HUBUNGAN IKLAN POLITIK MELALUI MEDIA BALIHO TERHADAP MINAT MEMILIH MASYARAKAT KELURAHAN NUSUKAN PADA PILKADA SURAKARTA 2020. Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/7875