Pengaruh Budaya Organisasi dan Kemampuan Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Sub Bagian Tata Usaha Pimpinan Staf Ahli dan Kepegawaian Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar

Authors

  • amelia agustin unisri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Budaya Organisasi dan Kemampuan Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan pada Subbag Tata Usaha Pimpinan Staf Ahli dan Kepegawaian Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal dengan metode kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah masyarakat yang mendapatkan pelayanan dari Sub Bagian Tata Usaha Pimpinan Staf Ahli dan Kepegawaian Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar. Pengambilan sampel menggunakan teknik  Insidental Sampling, sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 97 responden. Dasar pengambilan sampel ini menggunakan rumus Cochran (Sugiyono, 2017). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada 3, yaitu metode obsevasi, metode angkat atau kuesioner, dan metide dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Budaya Organisasi berpengaruh rendah terhadap Kualitas Pelayanan dan Kemampuan Pegawai berpengaruh kuat terhadap Kualitas Pelayanan Pada Sub Bagian Tata Usaha Pimpinan Staf Ahli dan Kepegawaian Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar. Budaya Organisasi dan Kemampuan Pegawai juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Pelayanan Pada Sub Bagian Tata Usaha Pimpinan Staf Ahli dan Kepegawaian Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar. Hal ini dibuktikan dari Fhitung sebesar 54,616. Jika dibandingkan dengan nilai Ftabel sebesar 3,092, maka Fhitung > Ftabel. Sedangkan hasil analisis koefisien determinasi sebesar 0,537. Hal tersebut menunjukkan bahwa 53,7% variabel Kualitas Pelayanan dapat dijelaskan oleh variabel Budaya Organisasi dan Kemampuan Pegawai.

Kata kunci : Budaya Organisasi, Kemampuan Pegawai, Kualitas Pelayanan.

PlumX Metrics

Published

2023-01-25

How to Cite

Agustin, A. (2023). Pengaruh Budaya Organisasi dan Kemampuan Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Sub Bagian Tata Usaha Pimpinan Staf Ahli dan Kepegawaian Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar. Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/7837

Issue

Section

Solidaritas: Volume 2 No 3