MANAJEMEN KOMUNIKASI PELAYANAN INFORMASI PUBLIK

(Studi Kasus Tentang Pengelolaan Aduan Dalam Website www.karanganyarkab.go.id di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karanganyar)

Authors

  • Indri Ervani Sihaloho Indri Ervani Sihaloho
  • Buddy Riyanto
  • Haryo Kusumo Aji

Abstract

        Salah satu fungsi dari pemerintah adalah sebagai pelayan masyarakat, oleh sebab itu instansi atau lembaga pemerintah diharapkan mampu memberikan layanan informasi publik yang dibutuhkan masyarakat, dengan demikian Diskominfo Kabupaten Karanganyar ditetapkan sebagai instansi yang mengelola layanan aduan suara masyarakat pada website www.karanganyarkab.go.id. Sejatinya masyarakat berharap mendapatkan pelayanan informasi yang baik, namun kenyataanya pelayanan informasi masih sulit, berbelit-belit,memerlukan waktu cukup lama. Dari fenomena tersebut, maka penulis tertarik melakukan penelitian dengan rumusan masalah bagaimana manajemen komunikasi pelayanan informasi publik dalam pengelolaan aduan website www.karanganyarkab.go.id yang dilakukan oleh Diskominfo Kabupaten Karanganyar. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana manajemen komunikasi pelayanan informasi publik dalam pengelolaan aduan masyarakat melalui website www.karanganyarkab.go.id yang dilakukan oleh Diskominfo Kabupaten Karanganyar. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendapat Cutlip, Center dan Broom’s yang menyatakan bahwa manajemen komunikasi secara operasional meliputi mendefinisikan masalah, membuat perencanaan, aksi dan aktivitas komunikasi serta evaluasi. Hasil penelitian  menjelaskan bahwa pengelolaan sudah cukup baik yaitu dari mengidentifikasikan masalah sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi dari dinas atau OPD terkait, admin mengkoordinasikan aduan,kemudian admin menanggapi aduan dan terakhir melakukan evaluasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengelolaan sudah cukup baik tetapi masih terdapat kekurangan,yaitu masih terdapat aduan yang belum ditanggapi sama sekali, serta tanggapan yang diberikan masih memerlukan waktu yang cukup lama

Kata kunci : Manajemen Komunikasi, Aduan Suara Masyarakat, Website

 

PlumX Metrics

Published

2023-01-25

How to Cite

Sihaloho, I. E., Buddy Riyanto, & Haryo Kusumo Aji. (2023). MANAJEMEN KOMUNIKASI PELAYANAN INFORMASI PUBLIK: (Studi Kasus Tentang Pengelolaan Aduan Dalam Website www.karanganyarkab.go.id di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karanganyar). Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/7836

Issue

Section

Solidaritas Vol 1