KOMUNIKASI PERSUASIF BANK SAMPAH UNS DALAM MENARIK MINAT NASABAH TABUNGAN EMAS

Authors

  • ayu amardika Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) Surakarta
  • Maya Sekar Wangi
  • Siswanta

Abstract

Salah satu komunikasi yang dilakukan bank sampah UNS untuk meningkatkan nasabah
dengan melalui sebuah komunikasi persuasif. Persuasi bisa dilakukan secara rasional dan
secara emosional, biasanya menyentuh aspek afeksi yaitu hal yang berkaitan dengan
kehidupan emosional seseorang. Melalui komunikasi persuasi tersebut diharapkan dapat
merekrut para calon nasabah untuk dapat mengikuti program dari bank sampah UNS yaitu
produk tabungan emas melalui bank sampah. Dengan menggunakan metode kualitatif
fenomologi dengan sumber data primer nya adalah para pengurus dan nasabah Bank
Sampah UNS dengan cara pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi lalu data disajikan melalui validitas data setelah itu dikondesasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa melalui komunikasi persuasi yang dilakukan oleh bank
sampah UNS melalui komunikan, komunikator, pesan, media dan efek atau pengaruh dari
komunikasi persuasif yaitu mampu membuat mahasiswa tertarik untuk bergabung menjadi
nasabah bank sampah UNS. Melalui indikator minat nasabah yaitu keyakinan, ketertarikan
dan keinginan tersebut membuat paranasabah menentukan pilihan bahwa mereka
bergabung untuk menjadi nasabah yang bertujuan untuk memiliki emas dalam bentuk
tabungan emas.
Kata kunci : Nasabah, Tabungan Emas, Bank Sampah

PlumX Metrics

Published

2023-01-25

How to Cite

Amardika, A., Maya Sekar Wangi, & Siswanta. (2023). KOMUNIKASI PERSUASIF BANK SAMPAH UNS DALAM MENARIK MINAT NASABAH TABUNGAN EMAS. Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/7809

Issue

Section

Solidaritas Vol 1