Pengaruh Terpaan Iklan di Instagram dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening pada Followers Akun @scarlett.whiteningsolo

Authors

  • Catur Surya Waskitawati Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Buddy Riyanto
  • Andri Astuti Itasari

Abstract

Dalam komunikasi pemasaran melalui media sosial instagram terdapat iklan sekaligus aktivitas word of mouth pada followers untuk menimbulkan suatu keputusan pembelian pada produk Scarlett Whitening. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan iklan di instagram dan word of mouth terhadap keputusan pembelian pada followers akun @scarlett.whiteningsolo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode analisis regresi linear berganda dengan teknik simple random sampling. Objek penelitian ini yaitu iklan scarlett whitening di akun @scarlett.whiteningsolo dan word of mouth serta subjek penelitian ini ialah followers @scarlett.whiteningsolo yang telah menonton iklan dan membicarakan (word of mouth) pada produk Scarlett Whitening. Pengumpulan data primer dengan menggunakan kuesioner kepada 100 responden. Hasil penelitian menunjukan F hitung lebih besar dari F tabel, secara parsial terpaan iklan dengan signifikasi 0,003 serta word of mouth dengan signifikasi 0,000 terhadap keputusan pembelian dan secara simultan terpaan iklan dan word of mouth dengan signifikasi 0,000. Sehingga sangat berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, maka H1, H2, dan H3 diterima.

Kata kunci: Iklan, Terpaan Iklan, Word of Mouth, Instagram, Keputusan Pembelian

PlumX Metrics

Published

2023-01-25

How to Cite

Waskitawati, C. S., Buddy Riyanto, & Andri Astuti Itasari. (2023). Pengaruh Terpaan Iklan di Instagram dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening pada Followers Akun @scarlett.whiteningsolo. Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/7491

Issue

Section

Solidaritas: Volume 2 No 3