PERSEPSI MAHASISWA PRODI ILMU KOMUNIKASI UNISRI PADA TAYANGAN INFOTAINMENT SILET RCTI (Studi Deskriptif Kualitatif Persepsi Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Unisri pada tayangan Infotainment Silet RCTI)
Abstract
Salah satu program acara yang saat ini banyak diminati oleh masyarakat adalah program infotainment. Di Indonesia infotainment identik dengan acara televisi yang menyajikan berita selebritis. Hampir semua stasiun televisi di Indonesia memiliki program infotainment yang tayang setiap harinya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis persepsi mahasiswa transfer Ilmu Komunikasi Unisri pada tayangan infotainment Silet RCTI. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori persepsi dari Daddy Mulyana : 2011 yaitu teori yang terdiri dari sensasi (stimulus), atensi (perhatian), dan interpretasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dimana peneliti berusaha untuk menggambarkan fakta-fakta yang ada untuk memperoleh gambaran mengenai persepsi mahasiswa transfer Ilmu Komunikasi Unisri pada tayangan infotainment Silet RCTI. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara serta dokumentasi. Sedangkan penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Untuk menganalisis data menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tayangan Silet RCTI dipersepsikan secara positif oleh mahasiswa transfer Ilmu Komunikasi Unisri. Hal tersebut diketahui dari indikator sensasi yang ditinjau dari pembawa acara dari kalangan selebritis, konten yang beragam, dan set/background gothic. Atensi informan berdasarkan faktor ekternal disebabkan adanya kebaruan segmen Silet Viral dan intensitas stimuli dari siaran Live Report. Atensi berdasarkan faktor internal adalah faktor biologis kebutuhan informasi tentang kehidupan selebritis dan faktor sosiopsikologis informasi yang uptodate dan bersifat investigatif. Interpretasi informan adalah informasi yang disampaikan pembawa acara Silet mudah dipahami karena pembawa acaranya mampu menyampaikan informasi dengan baik dan benar. Kata kunci: Sensasi, Atensi, InterpretasiDownloads
Published
2021-03-21
How to Cite
Puspitasari, D., Nurati, D. E., & Hastuti, N. H. (2021). PERSEPSI MAHASISWA PRODI ILMU KOMUNIKASI UNISRI PADA TAYANGAN INFOTAINMENT SILET RCTI (Studi Deskriptif Kualitatif Persepsi Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Unisri pada tayangan Infotainment Silet RCTI). Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 4(3). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/5524
Issue
Section
Artikel