Penggunaan Instagram Sebagai Referensi Kuliner (Studi Deskriptif Kualitatif Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNISRI angkatan 2015)

Authors

  • Yolanda Erika Rahayuningtyas Universitas Slamet Riyadi
  • Dian Esti Nurati Universitas Slamet Riyadi
  • Siswanta Siswanta Universitas Slamet Riyadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana penggunaan instagram sebagai sarana referensi kuliner pada mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UNISRI angkatan 2015. Instagram menjadi salah satu media sosial dengan banyak pengguna, termasuk bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi UNISRI instagram cukup diminati untuk mencari beragam informasi yang salah satunya merupakan informasi kuliner.. Dalam penelitian ini, menggunakan teori media baru, media sosial, instagram, serta teori penggunaan media yang ditambah sedikit teori referensi. Metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif, Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Untuk menganalisis data menggunakan teknik analisis data Huberman dan Miles. Verifikasi data diperoleh dengan triangulasi data. Dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa Instagram menjadi salah satu media sosial yang banyak dipilih oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi UNISRI 2015 dalam mencari referensi kuliner, serta penggunaan Instagram sebagai sarana referensi kuliner dinyatakan menimbulkan kepuasan bagi penggunanya juga dapat memenuhi kebutuhan dalam mencari referensi kuliner bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi UNISRI angkatan 2015 Kata kunci: penggunaan, instagram, referensi kuliner

PlumX Metrics

Published

2021-03-21

How to Cite

Rahayuningtyas, Y. E., Nurati, D. E., & Siswanta, S. (2021). Penggunaan Instagram Sebagai Referensi Kuliner (Studi Deskriptif Kualitatif Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNISRI angkatan 2015). Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 4(2). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/5504

Issue

Section

Artikel