STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN COFFESHOP COLD N BREW DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN
Abstract
Dalam kurun waktu beberapa tahun ini, bisnis kopi merupakan salah satu dari sekian banyak kegiatan bisnis di tengah masyarakat Indonesia. Hal ini mungkin dikarenakan saat ini sudah menjadi gaya hidup seiring dengan berkembangnya zaman. Kopi sudah tumbuh menjadi gaya hidup masyarakat.Begitu pula yang terjadi di Surakarta maraknya bisnis coffeeshop atau kedai kopi,salah satunya yaitu Cold n Brew. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan strategi komunikasi pemasaran coffeshop Cold n Brew dalam meningkatkan jumlah konsumen.Didalam penelitian ini menggunakan teori dari Kotler dan Keller yang berisi 4P yaitu; a) product; b) price; c) place; d) promotion. Teori ini dipilih sebab teori ini lebih relevan dalam meningkatkan jumlah konsumen di Cold n Brew. Metode ini menggunakan jenis penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dan wawancara kepada informan yaitu Owner dan Marketing Cold n Brew, serta 5 (lima) orang pelanggan Cold n Brew sebagai informan tambahan. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa strategi komunikasi pemasaran Cold n Brew menggunakan aspek produk berfungsi untuk memberikan kualitas produk, aspek harga menentukan harga yang ditetapkan sesuai dengan kualitas produk yang diberikan, tempat memberikan kenyamanan untuk para konsumen disertai dengan pelayanan yang baik dari barista, dan promosi menjadi faktor utama memperkenalkan produk melalui media cetak dan media online seperti endorsement, sponsorship, flyering, mengadakan event (acara) agar semakin dikenal oleh masyarakat luas, dan advertising dengan cara pemasaran langsung yaitu pengelolaan data, telemarketing, iklan tanggapan langsung dengan menggunakan berbagai saluran komunikasi yang mampu memberikan respon cepat. Dapat diketahui bahwa jumlah konsumen Cold n Brew mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Katakunci: Strategi komunikasi pemasaran product, price, place, dan promotion, Cold n Brew.Downloads
Published
2021-03-21
How to Cite
Asri, A. L. (2021). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN COFFESHOP COLD N BREW DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN. Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 4(1). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/5497
Issue
Section
Artikel