SELEKTIVITAS USER PADA KONTEN ONLINE MEDIA SUARAKUMANDANG.COM

Authors

  • Dewi Ayu Lestari Universitas Slamet Riyadi

Abstract

Suarakumandang.com merupakan media yang bergerak pada bidang online dan cetak. Pemilihan obyek penelitian karena fokusnya pada online media dengan menyajikan konten yang terkenal unik di lokal wilayah khususnya pada konten berita. Selain daripada itu, media ini menyajikan film pendek sebagai hiburan bagi user yang berada pada laman youtube. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis user dalam memilih konten yang disajikan oleh online media Suarakumandang.com. Teori yang digunakan adalah teori uses and gratifications yang terfokus pada user online media Suarakumandang.com. Dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, metode yang digunakan untuk memproses data. Dengan sumber data primer yakni wawancara kepada informan dan sumber data sekunder yakni berupa dokumen media dan foto wawancara. Teknik penentuan informan berdasarkan kriteria yaitu pengalaman dalam media, memiliki pengetahuan untuk menjawab terkait penelitian, bersedia menjadi informan dan pelanggan atau pembaca setia dari media tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumen dan triangulasi. Berdasarkan dari penelitian yang telah dilakukan, rata-rata user (informan) memilih konten pemberitaan pada sajian di website sebagai pemenuhan kebutuhan informasi. Redaksi Suarakumandang.com (informan) menyajikan konten-konten berupa berita (straight news dan feature news), iklan internet, komentar user dan video. Struktur pemberitaan menggunakan bentuk “Piramida” pada straight news dan pada feature news bisa “Piramida atau “Piramida Terbalik”. Iklan internet terdapat dua macam yaitu iklan online yang berupa adsense dari google sifatnya berubah dan iklan offline yang berasal dari pemasang iklan sifatnya tidak dapat berubah. Komentar user memberikan tanggapan terhadap berita bukan pada media dan konten video sebagai pilihan saat membaca berita. Kata kunci: selektivitas, user, konten, berita, media online, struktur, iklan internet, jurnalisme online, teori uses and gratifications

PlumX Metrics

Published

2021-03-21

How to Cite

Lestari, D. A. (2021). SELEKTIVITAS USER PADA KONTEN ONLINE MEDIA SUARAKUMANDANG.COM. Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 4(1). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/5495

Issue

Section

Artikel