INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PADA PELAYANAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KANTOR SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL SATU ATAP (SAMSAT) KABUPATEN KARANGANYAR
Abstract
Pelayanan publik merupakan semua aktivitas yang dilakukan oleh panitia pelayanan publik yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan penerima layanan. Serta Indeks Kepuasaan Masyarakat merupakan hasil penghitungan atas opini umum dalam mendapatkan pelayanan dari panitia pelayanan umum dibandingkan dengan kebutuhan menurut masyarakat. Penelitian ini bertujuan guna menganalisis indeks kepuasan masyarakat pada pelayanan pajak kendaraan bermotor di kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kabupaten Karanganyar menggunakan 9 indikator pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur dan teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling dengan jumlah sampel sebesar 379 responden. Analisis data dihitung menggunakan nilai rata-rata tertimbang masing-masing unsur pelayanan. Kesimpulan penelitian ini adalah Indeks Kepuasan Masyarakat pada pelayanan pajak kendaraan bermotor di kantor Samsat Kabupaten Karanganyar menunjukkan mutu pelayanan “A†serta kinerja unit pelayanan “Sangat Baik†dengan skor Indeks Kepuasan Masyarakat 88,36. Kata kunci : Pelayanan Publik, Indeks Kepuasan Masyarakat, Kepuasan, SamsatDownloads
Published
2019-05-10
How to Cite
Sugiyartini, S., & Suranto, J. (2019). INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PADA PELAYANAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KANTOR SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL SATU ATAP (SAMSAT) KABUPATEN KARANGANYAR. Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 3(2). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/4178
Issue
Section
Artikel