INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI TRIFTING UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG SAFE FESTIVAL DI CONVENTION HALL TIRTONADI
Abstrak
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah menjadikan media sosial sebagai bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Salah satu platform yang paling populer di Indonesia adalah Instagram, yang digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk promosi produk dan acara. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Instagram sebagai media promosi Save Festival di Convention Hal Tirtonadi dalam meningkatkan jumlah pengunjung. Safe Festival hanya menggunakan Instagram sebagai platform promosi utama, dengan fitur visual seperti foto dan video yang interaktif serta kolaborasi dengan akun lokal untuk menarik lebih banyak pengunjung. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terkait aktivitas promosi di akun Instagram @safeFestival. Teori yang digunakan oleh penulis adalah promosi, pemasaran dan media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Instagram melalui unggahan visual, dan repost konten, dapat meningkatkan jumlah pengunjung secara signifikan. Penelitian ini juga mendukung temuan pada penelitian sebelumnya tentang Instagram sebagai media promosi dengan fokus pada elemen interaksi visual dan komunikasi yang ditargetkan.
Kata kunci: instagram, promosi, komunikasi


