STRATEGI KOMUNIKASI ANDCRAFT MELALUI MEDIA INSTAGRAM
Abstrak
ABSTRAK
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat telah merevolusi cara manusia berkomunikasi, berinteraksi dan berpartisipasi. Media sosial menjadi salah satu bentuk perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Kini media sosial juga dimanfaatkan sebagai sarana berbisnis. Instagram telah menjadi platform yang popular untuk membangun audiens dan mempromosikan barang atau jasa bagi pelaku bisnis. Persaingan dunia bisnis dalam memanfaatkan Instagram sebagai media komunikasi yang semakin ketat pemahaman tentang komunikasi dan perencanan komunikasi yang baik diperlukan agar mampu menyampaikan pesan dengan baik dan efektif. Penelitian ini membahas tentang strategi komunikasi yang dilakukan oleh Andcraft melalui media Instagram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi, serta validasi data yang digunakan adalah analisis interaktif miles dan huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Andcraft menggunakan Instagram untuk perencanaan mengenal khalayak, membuat pesan, menentukan metode dan memilih media. Memanfaatkan Instagram sebagai media komunikasi dilakukan oleh Andcraft dengan menggunakan fitur foto dan video, komentar, caption, hashtag, Instagram ads, dan Instagram insight untuk social media maintenance akunnya. Namun dalam beberapa hal Andcraft kurang memaksimalkan beberapa fitur yang menjadi tantangan baginya.
Kata Kunci : Komunikasi, Strategi Komunikasi, Instagram, Pemanfaatan Instagram


