ANALISIS ISI KONTEN EDUKASI INSTAGRAM @CFDS_UGM DALAM MEMBANTU LITERASI DIGITAL FOLLOWERS

Penulis

  • Firyal Rania Rochani Mahasiswa
  • Lukas Maserona Sarungu

Abstrak

Penelitian ini menganalisis konten edukasi Instagram @cfds_ugm, yang dikelola oleh Center for Digital Society (CfDS) Universitas Gadjah Mada, untuk memahami perannya dalam meningkatkan literasi digital pengikutnya. Penelitian ini dilaksanakan karena rendahnya tingkat literasi digital di Indonesia, sementara penggunaan media sosial seperti Instagram sangat tinggi. Dengan pendekatan kualitatif dan metode analisis isi, data dikumpulkan melalui dokumentasi konten @cfds_ugm dan dianalisis berdasarkan delapan elemen literasi digital Doug Belshaw: kultural, kognitif, konstruktif, komunikatif, kreatif, kritis, percaya diri, dan kewargaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten @cfds_ugm berhasil mengintegrasikan seluruh elemen literasi digital, tidak hanya memberikan informasi teknis tetapi juga mendorong kesadaran kritis, tanggung jawab sosial, dan partisipasi aktif dalam penggunaan media digital. Temuan ini mengindikasikan bahwa konten edukasi di media sosial dapat menjadi alat efektif untuk membantu meningkatkan literasi digital masyarakat.

 

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-11

Cara Mengutip

Rochani, F. R., & Maserona Sarungu, L. (2025). ANALISIS ISI KONTEN EDUKASI INSTAGRAM @CFDS_UGM DALAM MEMBANTU LITERASI DIGITAL FOLLOWERS. Solidaritas, 9(1). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/12286

Terbitan

Bagian

Solidaritas: Volume 2 No 3