ANALISIS STANDAR PELAYANAN PUBLIK KADANG CINTA PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KARANGANYAR

Penulis

  • Kinanti Lanjaran Ilmi Universitas Slamet Riyadi
  • Sri Riris Sugiyarti

Abstrak

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar menerbitkan program “Kadang Cinta” untuk pelayanan aktivasi IKD. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis standar pelayanan publik “Kadang Cinta” pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar. Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dan kesimpulan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan enam dimensi teori Ridwan dan Sudrajat (2009) yang terdiri dari: (1) Prosedur Pelayanan, (2) Waktu Penyelesaian, (3) Biaya Pelayanan, (4) Produk Pelayanan, (5) Sarana dan Prasarana, dan (6) Kompetensi Petugas. Berdasarkan hasil penelitian, ditunjukkan dengan hasil sebagai berikut: (1) Dimensi prosedur pelayanan belum sesuai dengan standar pelayanan dilihat dari kepemilikan syarat, masyarakat bingung dan belum menyadari keberadaan IKD, (2) Dimensi waktu penyelesaian belum sesuai dengan standar pelayanan dilihat dari masih adanya kendala koneksi server sehingga menghambat proses pelayanan. (3) Dimensi biaya pelayanan sudah sesuai dengan standar pelayanan dilihat dari kesesuaian biaya yang ditetapkan dan terdapat transparansi biaya sehingga tidak terjadi pungli, (4) Dimensi produk pelayanan sudah sesuai standar pelayanan dilihat dari produk pelayanan yang dihasilkan sesuai dengan dasar hukum, ketentuan dan yang dipublikasikan, (5) Dimensi sarana dan prasarana sudah sesuai dengan standar pelayanan dilihat dari sarana dan prasarana yang memadai terdapat papan informasi dan sarana aduan, (6) Dimensi kompetensi petugas sudah sesuai dengan standar pelayanan dilihat dari petugas pelayanan dapat memberikan pelayanan yang baik ketika terdapat kendala.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-05

Cara Mengutip

Ilmi, K. L., & Sugiyarti, S. R. (2025). ANALISIS STANDAR PELAYANAN PUBLIK KADANG CINTA PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KARANGANYAR. Solidaritas, 9(1). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/12268

Terbitan

Bagian

Solidaritas: Volume 2 No 1