KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DAN MURID TUNARUNGU DAN TUNAWICARA DI SEKOLAH LUAR BIASA AL ISHLAH JATISRONO
Abstrak
ABSTRAK
Komunikasi merupakan salah satu aktivitas manusia yang paling mendasar dalam kehidupan sehari-hari , yang memungkinkan orang membangun hubungan antara satu sama lain. Manusia merupakan makhluk sosial yang saling bergantung untuk bertahan hidup. Bagi penyandang disabilitas, seperti tuna rungu dan tuna wicara, ataupun bagi mereka yang tidak, komunikasi sangatlah penting. Intinya, berkomunikasi adalah kebutuhan bagi setiap individu. Meskipun demikian, mereka yang memiliki kekurangan mengandalkan indra yang masih berfungsi dengan baik, meskipun mengalami kesulitan dalam berkomunikasi. Dalam penelitian ini fokus membahas komunikasi interpersonal antara guru dan murid tunarungu dan tunawicara dalam interaksi di sekolah luar biasa Al Ishlah Jatisrono. Menggunakan pendekatan metode deskriptif kualitatif. Dan data yang di kumpulkan melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan konsep instruksional berdasarkan pola komunikasi guru dengan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal dinilai berdasarkan efektivitas komunikasi interpersonal yang terjadi antara guru dan murid tunarungu dan tunawicara.
Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal,Guru,Murid Tunarungu dan Tunawicara


