Penggunaan Akun Instagram @Tfpkopiwarun Sebagai Media Informasi Komunikasi Pemasaran TFP Kopi Warung Pasar Gede Solo
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan akun Instagram @tfpkopiwarun sebagai media informasi komunikasi pemasaran TFP Kopi Warung Pasar Gede Solo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, objek pada penelitian ini adalah akun Instagram @tfpkopiwarun. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, maka dari itu informan dalam penelitian ini terdiri dari lima orang yaitu pengelola akun Instagram @tfpkopiwarun Meynar Intan, tiga pengikut akun Instagram @tfpkopiwarun dan satu pengunjung TFP Kopi Warung Pasar Gede Solo namun bukan pengikut akun Instagram @tfpkopiwarun. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif interaktif melalui proses pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa akun Instagram @tfpkopiwarun efektif dalam menyebarkan informasi yang mampu dipahami dan menarik secara visual. Unggahan yang disajiakan diterima dengan baik oleh pengikut akun Instagram @tfpkopiwarun terbuki dari interaksi berupa like, komentar, dan berbagi informasi. Pengelola akun secara konsisten memberikan informasi yang akurat dan terpercaya
serta mengunggah dengan frekuensi yang teratur. Daya tarik pesan ditingkatkan melalui proses seleksi konten, pengambilan gambar dan editing, serta penulisan caption yang informatif.
Kata kunci : Instagram, media informasi, komunikasi pemasaran.


